Kenapa suka kopi?

Dan cairan pekat panas itu mengalir perlahan merayapi dinding tenggorokanku. Pada setiap pagi, pada setiap sore, pada setiap saat.. sedang marah, sedang gelisah, sedang gembira.. mau menikmatinya di cafe, di rumah, rame-rame, sendiri, atau bareng meong 🙂 … selalu melahirkan sensasi yang berbeda.

biji kopiBicara soal meong sebagai binatang, konon kopi pertama kali ditemukan oleh sekawanan kambing di pegunungan Afrika pada satu milenium silam. Mereka kemudian terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi. Konon katanya begitu..

Ada banyak yang menganggap kopi sebagai faktor yang negatif, tapi sejauh ini sebagai peminum kopi fine-fine saja. Kalau tubuh menunjukkan gejala mengalami gangguan, berarti memang dosisnya terlalu banyak. dan dalam hal ini tentu saja kopi tidak bisa menjadi kambing hitam karena apapun kalau berlebih memang tidak baik toh..

Nah, iseng2 cari poin positif (kayanya memang dari sononya orang selalu mencoba mencari pembenaran hehe) kopi nemu sejumlah artikel (dari detikhealth, cyberman, solusisehat, alat kesehatan, dan waspada) yang intinya seperti ini:

1. Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari.
2. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
3. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
4. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
5. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
6. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
7. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
8. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
9. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
10. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
11. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
12. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
13. Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
14. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
15. Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam
pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan kaum adam.

Lumayan kan manfaatnya? Jadi, ngopi yuuuuuuk…..

 

Iklan

2 pemikiran pada “Kenapa suka kopi?

  1. aku suka kopi juag , tp cuma yg instant , itupun baru seumur anak bungsu-ku (7thn)
    mungkin krn darah rendah , klu minum kopi tubruk aku jadi gemeteran

    • aku jg darah rendah, makanya lumayan ga ngefek ke tensi. sekarang dah banyak ngurangin, karena kena ke lambung. dulu awal2 kerja, wuihhh kenceng banget. ngopi kenceng, ngrokok kenceng. paling ga empat kali ngopi sehari. kopi item. sekarang dah brenti ngrokok, ngopi cukup pagi aja… kl sore pengen lagi, bikinnya yg light, atau kopi yg mix..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s