Belajar terjun ke dunia usaha

(ini judulnya sedang memotivasi diri sendiri)

Ingin terjun di dunia usaha? Sebelum mulai memikirkan usaha apa yang dapat Anda kerjakan, ambil waktu sejenak-duajenak untuk merenungkan tentang diri dan kemampuan kita. Setidaknya ada 2 pertanyaan yang dapat kita jadikan acuan untuk menegaskan, betulkah kita betul-betul serius untuk memulai usaha sendiri.

1. Mengapa saya ingin memulai usaha sendiri?
Alasan untuk memulai usaha sendiri memang bisa sangat personal, tapi sangat mungkin juga berjamaah, alias sama dengan sebagian orang lain. Tapi yang penting, kita menjawab dengan jujur pertanyaan ini.

2. Apa yang ya ingin capai dengan memulai usaha sendiri?
Tingkat pencapaian kesuksesan yang kita inginkan juga bisa sangat personal. Yang pasti, dengan mengetahui tujuan ita secara jelas, kitapun dapat memperkirakan langkah apa yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan itu.

Sudah terjawab pertanyaannya?

Kalau jawaban dari pertanyaan pertama adalah karena kita kesulitan menemukan pekerjaan yang disenangi dan memenuhi segala harapan kita, tidak perlu menjawab pertanyaan kedua. Karena tampaknya kita musti mundur, karena dengan alasan tersebut kemungkinan besar nantinya akan mudah untuk menyerah. Jadi, pikirkan kembali ide kita hingga mendapatkan alasan dan tujuan yang jelas dengan ide usaha tersebut.

Kalau jawaban kita sekedar bosan dengan pekerjaan yang sedang ita jalani, pikirkan kembali juga. Kenapa? Karena dengan memilih berwirausaha kita harus siap secara mental untuk rela tidak mendapatkan penghasilan rutin bulanan, tidak mendapatkan fasilitas kantor, kehilangan sosialisasi dengan rekan-rekan seprofesi, kehilangan rutinitas office hour, dan masih banyak lagi. Juga kemustian kita menyisihkan tabungan sendiri karena tidak akan ada yang memberikan ita uang pensiun atau pesangon. Jadi kalau alasannya karena bosan, kita pun akan mudah dengan bosan dengan aneka kesulitan yang bakal ita jumpai dalam wilayah baru yang Anda garap ini.

Nah, kalau jawabannya sudah positif, sekarang mulai mengenali dan menggali potensi kita. Catat pula kelemahan kita.

Dunia wirausaha tengah berkembang. Pihak swasta dan pemerintah pun mulai menggalakkan dengan caranya masing-masing. Begitu banyak peluang diluar. Mau mengambil salah satunya? Boleh.. Tapi sebaiknya kita memilih yang kira-kira dapat mengerjakannya dengan passion. Dengan begitu naik-surutnya ritme usaha yang kita jalani masih bisa kita nikmati dan syukuri.

Yang penting menjadi catatan pula, memulai usaha sendiri lebih daripada sekedar pekerjaan atau bekerja kepada diri sendiri; bukan sekedar tenaga ekstra, tetapi yang terpenting adalah komitmen. Komitmen kita kepada usaha kita, komitmen kita kepada pelanggan kita, dan komitmen ita kepada pegawai kita (kalau ada).

Tapi semua pengorbanan itu sebanding dengan apa yang kita peroleh dengan menekuni dunia usaha:
· bebas merealisaskin ide ita, hal yg mungkin selama ini dibatasi oleh atasan
· bisa menjadi boss bagi irisendiri, bahkan juga memberikan lahan pekerjaan bagi orang lain
· bebas mengatur waktu kerja, tanpa terikat jam ketat kantor
· bisa menentukan gaji sendiri
· bisa tetap berdekatan dengan keluarga
· dsb..bisa ditambahkan sendiri 🙂

Bukan berarti bebas dalam pertanggungjawaban lho.. Kalau kita punya target, terlebih lagi jika berhubungan dengan pihak ketiga seperti bank atau kantor pajak. Jadi kita tetap wajib membuat laporan yang ketat berkaitan dengan administrasi dan arus kas. Jadi sikap well organized sangat dibutuhkan disini (ni yang masih susah hehe).

Susah juga ya? Semoga ini tidak menyurutkan niat kita memasuki dunia usaha. Mau belajar? Mari yuuuuk…

 

dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s