Mencicipi Kopi Luwak

Dua hari kemarin mencicipi Kopi Luwak. Dan gratis! Merasa hebat dan dipamer-pamerin karena sebelumnya males banget beli liat harganya. Norak ya.. hehe..

Ceritanya kawannya kawanku baru buka cafe baru di kawasan Paskal Hypersquare. Beliau yang kebetulan punya agenda pertemuan diundang untuk menggunakan ruangan di cafe itu dan mencicipi Kopi Luwak. Hmmm siapa yang tidak mau 😉

Maka sambil pertemuan berjalan disuguhkanlah masing-masing orang secangkir Kopi Luwak dengan embel2: Kopi Luwak probiotik. Sedangkan Kopi Luwak alaminya hanya disajikan beberapa cangkir. Bisa dimengerti deh..harganya lebih mahal.

Kopi Luwak probiotik sendiri dibuat pada intinya adalah agar dapat memproduksi bubuk kopi dalam jumlah lebih besar dan juga untuk melindungi populasi binatang luwak. Tuh kan..Luwak mah lucu 🙂

Kalau pada proses produksi Kopi Luwak alami, biji kopi -hasil proses pencernaan binatang luwak (Paradoxurus hermaphroditus) yang memakan buah kopi- dijemur, disangrai, lalu digiling. Sedangkan pada Kopi Luwak probiotik, biji kopi dihasilkan dari buah kopi matang yang dipetik, lalu difermentasi secara khusus dengan mikroba probiotik, baru dijemur, disangrai dan digiling. Mikroba probiotik adalah hasil isolasi mikroba di usus halus dan usus buntu Luwak yang dipastikan tidak bersifat patogen alias aman.

Dengan mikroba probiotik, Kopi Luwak dapat diproduksi berdasarkan kebutuhan dan tidak terbatas pada jumlah Luwak ataupun kemampuan konsumsi Luwak. Bubuk Kopi Luwak sendiri berharga di kisaran Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per kilogram. Dan kini menjadi salah satu andalan ekspor kopi bagi Indonesia.

Dari segi rasa mmmmmm…hampir sama, tapi ada berbeda memang. Kopi Luwak alami citarasanya lebih kuat tapi aromanya lebih lembut. Sebaliknya citarasa Kopi Luwak probiotik lebih lembut, tetapi aroma kopinya lebih kuat. Kalau ga salah begitu. Tampaknya musti dicoba ulang untuk memastikannya.. Tapi..semoga ada undangan lagi, dan..gratis 😀

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s