Julie and Julia, menjajagi dunia kuliner dengan hati

Adalah Julie Powell (Amy Adam), perempuan berusia 30 tahun yang sedang berada dalam masa krisis karena berada di tempat tinggal dan pekerjaan baru. Selain baru, apartemen yg dia tinggali tidak senyaman tempat tinggal sebelumnya. Pekerjaan barunya di kantor penanganan krisis pasca 9/11 sama sekali tidak diminatinya. Bersama sang suami, Eric Powell (Chris Messina), Julie mencoba mencari peluang yang bisa diambilnya diantara pekerjaan kantor yang membosankan. Maka ketemulah jalan keluarnya: membuat blog tentang 524 resep selama setahun dengan mengambil referensi bukunya Julia Child yang dirilis tahun 1961: classic Mastering the Art of French Cooking.

Awalnya Julie berpikir apa yang dilakukannya cukup mudah, tapi begitu memasuki bagian masakan yang rumit ternyata agak merepotkan. Terlebih lagi dia juga harus mencicipi masakan yang dibuatnya meskipun tidak dia suka. Semua itu dia catat dalam blognya, termasuk bagaimana dia membunuh lobster, memotong kalkun, memakan telor dan jeroan yang tidak disukainya. Pun dengan setiap peristiwa dengan lingkungan sekitar -termasuk suaminya tentu saja- yang berkaitan dengan urusan masak memasak resep Julia (Meryl Streep). Obsesinya terhadap Julia sempat mengganggu hubungannya dengan sang suami.

Film berjalan bolak balik, dari masa kini ke masa lalu saat Julia muda mulai belajar memasak hingga dia menerbitkan bukunya. Julia Child sendiri adalah istri seorang diplomat Amerika bernama Paul (Stanley Tucci) yang ditugaskan di Perancis pada tahun 40-an. Julia adalah perempuan yang selalu exciting terhadap segala sesuatu. Dia juga selalu melihat segala sesuatunya dari kaca mata positif, melihat hambatan sebagai tantangan. Ketika pada masa itu perempuan tidak banyak melakukan kiprahnya, ia mencoba menunjukkan bahwa perempuan pun sanggup sukses di wilayah kuliner yang selama ini dikuasai oleh kaum laki-laki. Yup, kuliner kemudian menjadi pilihannya setelah ia mencoba mencari peluang mengisi waktu luangnya dengan kemampuan dan passion yang dimilikinya.

Selain resep yang coba dipraktekkannya, kehidupan Julia pun menjadi acuan bagi Julie. Mereka sama-sama suka masak, tidak ada anak, dan begitu dicintai suami. Maka iapun banyak mencari referensi tentang Julia termasuk film dokumentasi acara masak Julia. Kekuatan Julia dalam menjalankan pilihannya banyak menjadi pendorong untuk Julie terus bersabar dan tidak menyerah. Alhasil dalam kurun waktu tak lama blognya mulai dikunjungi pembaca, bahkan sempat menjadi blog paling populer di Salon.com. Blog-nya hingga hari ini masih bisa dibaca di http://blogs.salon.com/0001399/. Popularitas blog itu pun mengundang media-media tradisional ingin mewawancarai Julie. Sejak dipublikasikan di New York Times tawaran untuk kontrak buku pun berdatangan kepada Julie.

Julie & Julia adalah film drama komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2009. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Nora Ephron. Buatku ini salah satu film menarik yang perlu ditonton. Selain Amy Adam yang bermain manis dan Meryl Streep yang tampil menarik dalam gaya aneh Julia Child, juga karena penggarapan kilas balik suasana kini Amerika dan suasana masa lalu Perancis yang asik. Dan yang pasti juga, proses membuat makanan selalu menarik buatku 🙂 Selain itu tentunya salah satu yang coba diingatkan oleh film ini: cari sesuatu yang dapat dilakukan dengan passion..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s