Gnomeo & Juliet: kisah cinta bahagia para kurcaci

Waaaah…lama sekali ya aku ga nengok rumahku ini πŸ™‚ Cerita film ah! Ini film yang baru kutonton sambil sarapan, pagi tadi. Siapa tau ada yang berminat nonton πŸ˜€

***

Begitu melihat judulnya sudah langsung dapat ditebak: ini pasti adaptasi dari karya klasik William Shakespeare! Dan memang benar,Β  film animasi pertama karya rumah produksi Elton John ini mengisahkan tentang sepasang kekasih dari keluarga yang saling bermusuhan.

Alkisah,Β  adalah sekumpulan kurcaci merah yang bertetangga dengan kumpulan kurcaci biru. Kurcaci merah milik Mrs. Montague (Julie Walters) dan Mr. Capulet (Richard Wilson) ini sesungguhnya adalah patung keramik yang hanya hidup jika tidak ada manusia di sekitarnya (sekilas cerita ini mengingatkan kita pada Toy Story). Namun hidup mereka pun rapuh, serapuh keramik. Seperti halnya kedua pemiliknya, kumpulan kurcaci ini pun saling bermusuhan. Perseteruan ini berlangsung lama. Kadang tanpa alasan jelas mereka saling menyerang.

Suatu ketika terjadilah perjumpaan tak terduga antara gadis kurcaci merah, Juliet (Emily Blunt) dengan pemuda kurcaci biru Gnomeo (James McAvoy). Dalam penyamarannya masing-masing, mereka saling jatuh cinta. Bahkan ketika penyamaran terkuak, mereka mencoba mempertahankan perasaan masing-masing. Apalagi dengan banyaknya masukan dari si burung bangau merah. Keadaan menjadi tidak terkendali ketika pertemuan rahasia mereka terendus oleh salah seorang kelompok kurcaci biru. Tak ayal lagi, perang pun berlangsung. Pada akhirnya adalah kemusnahan lingkungan tinggal mereka. Hikmah dari pertikaian itu adalah bersatunya 2 keluarga, dan -berbeda dengan kisah aslinya- bersatunya pasangan kekasih Gnomeo & Juliet.

Pada akhirnya memang menjadi terlalu sederhana. Sebagai film animasi bergenre komedi tentu saja akan memberikan happy ending. Namun kesederhaan kisah ini jadi menghilangkan indahnya kisah klasik abad ke-14 yang untuk pertama kali dipentaskan dalam teater karya Shakespeare. Bagaimanapun jika kita bicara tentang kisah cinta, tak dapat dipungkiri kisah Romeo dan Juliet adalah masterpiece-nya. Maka durasi 84 menit dari film ini memang sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan karya aslinya.

Dan bicara tentang karya animasi yang sempat kusebut: Toy Story, film ini juga tidak sebanding. Buatku Toy Story masih menjadi film animasi dengan kisah paling menarik. Namun bukan berarti “Gnomeo & Juliet” ini tidak menarik lho.. Sosok-sosok mungil kurcaci tampak hidup dengan warna merah-biru cerahnya. Tim penulis naskah yang terdiri 9 orang (wiks..banyak amat yak!) ini cukup dapat memasukkan beberapa tingkah dan obrolan lucu dan sekaligus haru dalam sejumlah adegan. Lagu-lagunya juga cukup menarik (mungkin karena sbg orang jadul aku kenal karya-karya lama Elton John :)). Selain itu, film animasi debutan Kelly Asbury ini juga diisi oleh sejumlah nama yang sudah kita kenal dalam dunia akting seperti Jason Statham, Michael Caine, Maggie Smith, Jum Cummings, Ozzy Osbourne, dan Ashley Jensen.

Jadi yaaa..lumayan menghibur deh πŸ™‚

Sutradara: Kelly Asbury
Produser: Baker Bloodworth, David Furnish, Steve Hamilton Shaw
Penulis: John R. Smith, Rob Sprackling, Kelly Asbury, Mark Burton, Kevin Cecil, Emily Cook, Kathy Greenberg, Andy Riley, Steve Hamilton Shaw
Pemain: James McAvoy, Emily Blunt, Michael Caine, Jason Statham, Maggie Smith, Ashley Jensen, Matt Lucas, Patrick Stewart, Ozzy Osbourne, Stephen Merchant, Julie Walters, Richard Wilson, Jim Cummings, Hulk Hogan, James Daniel Wilson
Musik: Chris P. Bacon, James Newton Howard, Elton John
Editing: Catherine Apple Studio Starz Animation/Rocket Pictures
Distribusi: Touchstone Pictures
Durasi: 84 menit

Iklan

4 pemikiran pada “Gnomeo & Juliet: kisah cinta bahagia para kurcaci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s