Source Code, film science fiction yang hangat..(kompor kaleee :D)

source code @ blog dhenokGambaran yang muncul pertama kali di layar adalah Jake Gyllenhaal yang terjaga dari tidurnya dalam sebuah perjalanan di kereta api. Tentu saja hal itu sangat mengejutkannya, karena sejauh yang diingatnya, ia, Captain Colter Stevens sedang menerbangkan heli tempur di Afganistan. Kebingungan terus berlanjut ketika perempuan cantik yang duduk di depannya, Christina (Michelle Monaghan) terus menerus mengajaknya berbincang seolah telah mengenalnya dengan baik. Anehnya, perempuan itu memanggilnya Sean. Kebingungan itu akhirnya berubah menjadi kepanikan ketika bercermin, ia melihat sosok orang lain dan bukan dirinya sendiri. Tapi kepanikan itu tidak berlanjut karena sebuah bom meledak dan menghancurkan kereta yang ditumpanginya.

Apakah begitu saja ceritanya? Tentu saja tidak. Colter tidak mati. Saat tersadar ia berada dalam sebuah ruangan sempit, gelap, dan dipenuhi dengan peralatan. Sebuah suara kemudian menyapa dan membangunkannya dari mimpi atau entah apa itu. Dalam percakapan mereka, Colter akhirnya tahun kalau perempuan itu adalah seorang prajurit bernama Colleen Goodwin (Vera Farmiga). Dari Collen, Colter mendapat instruksi-instruksi tentang bagaimana menemukan pelaku bom di kereta untuk mencegah pengeboman berikutnya.

Kisah kemudian bergulir, tapi intinya hanya di seputaran bolak-baliknya Colter dari dunia entah apa itu ke alam nyata-dalam perjalanan sebuah kereta. Sekilas kita bisa mendapati film ini mirip dengan beberapa film yang sudah ada, tentang seorang yang terjebak dalam kesendirian di sebuah ruang terbatas, dan film-film science fiction yang pernah muncul sebelumnya. Yang membedakannya, sang sutradara, Duncan Jones berhasil memberikan sentuhan humanis dalam film ini. Frame yang ‘hanya’ menceritakan insiden bom di kereta dalam beberapa versi itu sungguh hidup dan menarik. Lewat lompatan-lompatan waktu dan peristiwa itu Jones berhasil mengenalkan kepada penonton siapa itu Colter dan apa itu source code.

Selain kepiawaian sang sutradara, tak dapat dipungkiri kalau para pemeran film ini bermain dengan prima. Dari beberapa film yang kutonton sebelumnya, tampaknya aku semakin mengukuhkan bahwa Jake selalu bisa memainkan dengan baik peran yang dilakoninya. Bukan hanya Jake, Vera Farmiga, Michelle Monaghan, Jeffrey Wright, dan bahkan Michael Arden dalam sedikit porsi kemunculannya membuat film ini menjadi tontonan yang utuh dan menarik.

Sutradara: Duncan Jones
Produser: Mark Gordon, Jordan Wynn, Philippe Rousselet
Penulis: Ben Ripley
Pemain: Jake Gyllenhaal, Michelle Monaghan, Vera Farmiga, Jeffrey Wright, Russell Peters, Cas Anvar, Michael Arden, Scott Bakula, Frédérick De Grandpré
Musik: Chris Bacon
Sinematografi: Don Burgess
Editing: Paul Hirsch
Studio: The Mark Gordon Company/Vendôme Pictures
Durasi: 93 minutes

Iklan

2 pemikiran pada “Source Code, film science fiction yang hangat..(kompor kaleee :D)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s