Kereta gantung akan menggantung di langit Kota Bandung :)

cable car di beberapa negara (foto dari google)

Bagaimana jika wilayah udara Bandung dihiasi pemandangan seperti foto di atas? Seru atau serem? 🙂

Penggodogan tentang rencana pembangunan cable car atau kereta gantung di Kota Bandung masih terus berlangsung. Tampaknya proses berjalan mulus mengingat peraturan daerah sudah mengatur tentang sarana transportasi yang satu ini. Ide tentang pengadaan kereta gantung ini datang dari Pemerintah Kota Bandung sebagai salah satu upaya mengurai kemacetan di Kota Bandung.

Kepala Bappeda Kota Bandung, Taufik Rahman, seperti dikutip Tribun Jabar mengatakan, ada beberapa keunggulan yang dimiliki moda transportasi ini, yaitu  ramah lingkungan, tidak bising, dan tidak mengeluarkan emisi gas buang. Pembangunannya juga tidak akan menggunakan dana APBD karena menggandeng investor. Dalam hal ini investornya adalah PT Aditya Dharmaputra Persada.

Hal ini dibenarkan Presdir PT Aditya Dharmaputra Persada, Sandjaya Susilo. Dikatakannya saat ini pihaknya sudah mengantongi ijin prinsip dari Wali Kota Bandung yang dikeluarkan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Selain itu, pihaknya sudah menemui Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan sudah ada sinyal positif terhadap rencana dibangunnya kereta gantung yang nantinya akan dinamai “Bandung Skybridge” ini.

Lebih lanjut Sandjaya mengatakan, pihaknya berani membangun kareta gantung di Kota Bandung karena Bandung menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang sudah memiliki payung hukum tentang perkeretaapian. Semua itu diatur dalam Perda No 2/2008 tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kota Bandung. Disisi lain, Bandung dengan struktur geografisnya sangat memungkinkan untuk dibangun kareta gantung.

Untuk tahap awal menurut Sandjaya berdasarkan titipan dari Dirjen Perkeretaapian, cable car akan digunakan sebagai transportasi wisata.

Proyek pembangunan “Bandung Skybridge” rencananya akan dimulai akhir tahun 2011 dan sudah mulai dioperasikan tahun 2012.

*******

Bagaimana menurut Anda?

Untuk tahap awal, “Bandung Skybridge” akan menghubungkan 3 titik yakni SABUGA, Pasteur (di lahan Cipaganti Travel), dan Mall Paris Van Java. Seperti disebutkan Sandjaya, pada tahap awal kereta gantung lebih berfungsi sebagai sarana wisata. Tapi saya bayangkan jika para pewisata belanja yang mau berkunjung ke PVJ, menggunakan kereta gantung, itung-itung melakukan perjalanan sekalian wisata udara..mungkin lumayan mengurangi kemacetan wilayah Sukajadi. Barangkali yang musti dihitung adalah teknologi yang digunakan sehingga meminimalkan kekhawatiran sebagian orang dan tentu saja kesepakatan yang adil dengan warga yang terlintasi jalur kereta.

Tapi so far di sejumlah negara baik di Eropa, Amerika, dan Afrika, serta Asia – baik yang digunakan untuk sarana wisata maupun transportasi- juga aman-aman saja menggunakan kereta gantung.  Jadi, baiklah..mari kita tunggu dan lihat hasilnya nanti akan seperti apa 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s