Bridge Over Troubled Water by Simon & Garfunkel

Membayangkan masih ada kawan yang bersedia melagukan syair ini untukku… Adakah? Masihkah kau siap, ketika kau tak lagi punya kepentingan, kawan?

Bridge Over Troubled Water
by Simon & Garfunkel

When you’re weary
Feeling small
When tears are in your eyes
I will dry them all

I’m on your side
When times get rough
And friends just can’t be found
Like a bridge over troubled water
I will lay me down
Like a bridge over troubled water
I will lay me down

When you’re down and out
When you’re on the street
When evening falls so hard
I will comfort you

I’ll take your part
When darkness comes
And pain is all around
Like a bridge over troubled water
I will lay me down
Like a bridge over troubled water
I will lay me down

Sail on Silver Girl,
Sail on by
Your time has come to shine
All your dreams are on their way

See how they shine
If you need a friend
I’m sailing right behind
Like a bridge over troubled water
I will ease your mind
Like a bridge over troubled water
I will ease your mind

*******

Tinggal di lingkungan yang sama, Forest Hills, dan bersekolah di sekolah yang sama, Forest Hills High School, New York, Paul Simon dan Art Garfunkel berkawan sejak mereka masih belia. Mereka pun telah berani naik panggung dalam obsesi muda mereka. Nama panggung yang digunakan pun ajaib: Tom and Jerry. Tom Graph adalah nama samaran Garfunkel yang diambil karena dia senang sekali mengikuti perkembangan (graphing) tangga lagu pop, sedangkan Jerry Landis adalah nama samaran Simon yang dipinjam dari nama sang pacar.

Mereka menulis lagu sendiri, dan pada tahun 1957 berhasil mengeluarkan rekaman komersial pertama dengan judul “Hey, Schoolgirl”.  Singel mereka terjual sebanyak 100 ribu kopi dan menembus tangga lagu majalah Billboard di anak tangga ke-49. Namun ketidakakuran, pilihan studi serta karier masing-masing, memisahkan mereka. Pertemuan kembali terjadi di pertengahan 60-an. Setelah berhasil mempopulerkan “Sound of Silence”, Simon meninggalkan Ingrris dan kembali ke Amerika untuk menemui Garfunkel untuk mencoba membangun kembali duo yang pernah mereka buat.

Pada 17 Januari 1966, Simon & Garfunkel merilis album “Sounds of Silence”. Album tersebut menempati tangga album di peringkat 21 karena terbantu kesuksesan lagu “The Sounds of Silence”. Singel “Scarborough Fair/Canticle” dan “Homeward Bound” (urutan ke-5 di AS) secara berturut-turut menjadi lagu hit Simon and Garfunkel yang berikutnya. Lagu “Scarborough Fair” berasal dari lagu ballad Inggris ditambah counter-melody. Sedangkan “Homeward Bound” merupakan kisah kehidupan Simon sewaktu melakukan tur di Inggris tahun 1965. Menurut cerita, lagu tersebut ditulis Simon sewaktu terdampar semalam di peron stasiun KA Widnes Central (nama resmi: Widnes Ditton) akibat salah membaca jadwal kereta. Sampai sekarang di stasiun KA Widnes (dulunya disebut Widnes North) terdapat papan peringatan (satu-satunya yang tersisa) untuk memperingati terdamparnya Paul Simon. Sekarang, stasiun KA Widnes menempati lokasi yang baru, sedangkan stasiun di lokasi yang lama sudah diratakan untuk membuat jalan tembus.

Sound of Silence semakin terdongkrak popularitasnya karena juga dimasukkan dalam album Paul Simon “Parsley, Sage, Rosemary and Thyme” yang dirilis 10 Oktober 1966. Terlebih lagi ketika tahun 1968 lagu ini dipilih menjadi salah satu soundtrack film “The Graduate”.

Namun seperti layaknya Tom & Jerry, film kartun yang sering kita tonton di layar televisi, dua karib ini sering diwarnai perselisihan. Menariknya, di tengah perselisihan itu mereka berhasil melahirkan album “Bridge Over Troubled Water” pada 26 Januari 1970. Lagu andalan “Bridge Over Troubled Water” sukses sebagai lagu hit besar-besaran. Lagu tersebut menjadi lagu terlaris sepanjang dekade 70-an. Selain bertahan sebagai lagu nomor satu selama 6 minggu, “Bridge Over Troubled Water” bertahan di dalam tangga lagu selama berbulan-bulan. Namun keduanya tak dapat mempertahankan kebersamaan. Duo ini akhirnya bubar pada tahun 1970. Pada dekade-dekade berikutnya mereka beberapa kali tampil bersama, baik dalam konser reuni maupun kehadiran mereka di panggung penghargaan.

Sejumlah penghargaan berhasil mereka raih. Setahun setelah bubar, album dan singel “Bridge Over Troubled Water” memenangi Penghargaan Grammy tahun 1971 untuk kategori Album dan Rekaman Terbaik sekaligus memenangi penghargaan untuk Teknik Rekaman Terbaik, Lagu Kontemporer Terbaik, Lagu Terbaik, dan Aransemen Terbaik untuk Vokal. Album kompilasi Simon and Garfunkel’s Greatest Hits sukses di urutan ke-5 tangga album Amerika Serikat. Nama mereka masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Dan pada tahun 2007, nama mereka diabadikan di Long Island Music Hall of Fame.

Terlepas dari ketidakharmonisan mereka, (sejauh ini) buatku Simon & Garfunkel masih menjadi duo terbaik sepanjang masa.

Iklan

2 pemikiran pada “Bridge Over Troubled Water by Simon & Garfunkel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s