Unknown, upaya mengembalikan identitas diri

Beberapa hari terakhir aku mencoba membunuh waktu dengan menikmati setumpuk film bersama selimut tebal-sweater-kaos kaki, dan tentu saja meong2. Aku akan mencoba mengapresiasi beberapa film yang siapa tau bisa menjadi referensi.

Yang pertama: Unknown. Film Liam Neeson yang terakhir kali kutonton adalah drama thriller Chloe. Harus kuakui, sebagai sosok berumur dia masih mempesona, meski tak dapat menggantikan aktor gaek kesayanganku: Al Pacino 🙂

Di film ini Liam berperan sebagai seorang pakar bioteknologi, Dr. Martin Harris. Film diawali dengan kedatangan Dr. Martin bersama istrinya, Liz (January Jones) di Berlin, Jerman. Dr. Martin diundang untuk mengikuti sebuah konferensi internasional. Namun rupanya koper Dr. Martin tertinggal di bandara sehingga ia kembali ke bandara untuk mengambil kopernya, sedangkan Liz mengurus administrasi hotel. Namun sayang, dalam perjalanan menggunakan taksi yang dikemudikan Gina (Diane Kruger), mereka mengalami kecelakaan. Gina mampu memberikan pertolongan kepada Dr. Martin, namun dari sinilah kekacauan bermula.

Selama 4 hari Dr. Martin tak sadarkan diri. Begitu tersadar ia melarikan diri dari rumah sakit menuju hotel tempat seharusnya ia menginap. Tapi fakta mengejutkanlah yang kemudian ia dapati: istrinya tak mengenalinya lagi. Bukan hanya itu, Liz hadir dalam pesta di hotel bersama seorang laki-laki lain bernama: Dr. Martin Harris. Dia kehilangan identitas dirinya. Apakah yang salah? Ingatannya pasca kecelakaan ataukah ada pihak yang dengan sengaja mengganti identitas dirinya. Dr. Martin mencari upaya meloloskan diri dari keamanan hotel sambil mengumpulkan segenap ingatannya tentang siapa dirinya. Satu-satunya hal yang bisa ia simpulkan adalah bahwa ia adalah doktor ahli mikrobiologi yang datang ke Berlin bersama Liz istrinya untuk menghadiri konferensi internasional. Maka satu-satunya hal yang harus dilakukannya adalah mengambil kembali identitasnya.

Film ini diadaptasi dari novel bertajuk Hors de Moi (2003) karya penulis asal Perancis Didier van Cauwelaert. Tidak banyak hal baru yang ditawarkan di film ini, tak jauh beda dengan film-film agen yang pernah muncul. Beberapa kejutan juga sudah bisa ditebak. Namun lewat garapan sang sutradara, Jaume Collet-Serra, Unknown tetap menjadi film yang menarik. Adegan kejar-kejaran, kebut-kebutan, serta hitungan-hitungan logis ala agen rahasia masih sanggup membuat kita bertahan hingga film ini selesai. Seperti biasa, Neeson bermain dengan bagus, didukung oleh daya tarik si cantik Kruger dan pemain lainnya.

Sutradara: Jaume Collet-Serra
Produser: Joel Silver, Leonard Goldberg, Andrew Rona
Penulis: Oliver Butcher, Stephen Cornwell (screenplay), Didier van Cauwelaert (novel)
Pemain: Liam Neeson, Diane Kruger, January Jones, Aidan Quinn, Frank Langella, Bruno Ganz, Sebastian Koch, Rainer Bock
Musik: John Ottman, Alexander Rudd
Sinematografi: Flavio Labiano
Editing: Timothy Alverson
Studio Dark Castle Entertainment/Studio Babelsberg
Distribusi: Warner Bros
Durasi: 113 menit

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s