London Boulevard: absurdnya kehidupan jalanan London

Aku suka film-film dengan seting lokasi Eropa. Maka ketika dari judulnya saja sudah menunjukkan ke-eropa-annya, jadilah film ini sebagai salah satu pilihan: London Boulevard.

Film ini diangkat dari novel Ken Bruen dengan judul sama. Dikisahkan, Mitchell (Colin Farrell), seorang kriminal yang baru dibebaskan dari penjara. Ia masih mengalami gegar dan kebingungan ketika kembali ke kehidupan diluar tembok penjara. Mitchell masih terhubung dengan teman lamanya, Billy (Ben Chaplin) yang kemudian menawarinya bergabung dengan seorang pimpinan gangster London, Rob Gant (Ray Winstone). Tapi tanpa sengaja dia bertemu dengan seorang perempuan yang menawarinya pekerjaan sebagai pengawal seorang aktris terkenal, Charlotte (Keira Knightley) yang nyaris kehilangan privasi karena kejaran paparazi.

Selain konflik yang muncul atara dirinya dan gangster London, Mitchell juga sedang berupaya menghindari kejaran seorang polisi yang terus mencoba memerasnya. Ia juga punya kewajiban menjaga adiknya semata wayang, Briony (Anna Friel) yang kesulitan keluar dari kecanduan alkohol. Hal lain yang dihadapi Mitchell adalah kehilangan teman gelandangannya. Potongan-potongan konflik ini muncul di sepanjang film yang terasa jenuh. Ditambah lagi gambaran Charlotte yang demikian pasif, dingin, dan tak berdaya.

Tadinya sedikit berharap ada romantisme terjalin diantara keduanya. Namun rupanya film ini lebih banyak menyajikan dialog yang kurang greget, perkelahian dan teror antar gank, dengan konflik yang tidak cukup tertampilkan dengan baik. Bahkan pada akhirnya romantisme yang sempat terbangun antara Mitchell dan Charlotte raib dengan mengecewakan begitu saja. Begitu pula hidup Mitchell yang kemudian harus berakhir di ujung pisau miliknya sendiri.

Film yang absurd. Menarik..tapi absurd. Barangkali memang itulah salah satu bagian kehidupan di kota sebesar London yang absurd. Tapi tentu saja masih ada hal yang bisa dinikmati. Selain kegantengan Farrell dan cantiknya Knightley juga pemandangan kota London, yang tergambar detil pada setiap sudutnya dengan indah.

Sutradara: William Monahan
Produser: Graham King, William Monahan, Quentin Curtis, Tim Headington
Penulis: William Monahan (screenplay), Ken Bruen (novel)
Pemain: Colin Farrell, Keira Knightley, David Thewlis, Anna Friel, Ray Winstone, Ben Chaplin, Stephen Graham, Eddie Marsan, Matt King, Sankeev Bhaskar, Ophelia Lovibond, Gerald Home

Sinematografi: Chris Menges
Editing: Lucia Zucchetti
Studio GK Films/Henceforth/London Boulevard/Projection Pictures
Distribusi: Entertainment Film Distributors
Durasi: 104 menit

Iklan

2 pemikiran pada “London Boulevard: absurdnya kehidupan jalanan London

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s