Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides.. upaya Disney kembali mendulang dolar dari sosok kocak Sparrow

Aku bukan penggemar seri Pirates of the Caribbean. Aku tidak suka fakta Depp memerankan sejumlah film dengan karakter yang sama. Paling nonton film terdahulunya ketika sudah di layar kaca. Tapi menolak ajakan menonton juga bukan ide yang bagus. Jadi di tengah film-film yang ‘tidak jelas’ buatku itu, pilihannya jatuhlah pada film ini.

Kisah Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides masih berhubungan dengan akhir kisah seri sebelumnya yakni petualangan untuk mencari Fountain of Youth. Dikisahkan pasukan Spanyol dan pasukan Inggris bersaing untuk menjadi negara yang terlebih dahulu untuk menemukan lokasi keramat Fountain of Youth. Pada waktu bersamaan, Captain Jack Sparrow (Johnny Depp) membebaskan diri dari tahanan bersama karibnya, Gibbs (Kevin McNally). Namun rupanya dia dijebak oleh pihak Spanyol karena diduga Sparrow menyimpan peta lokasi air mata awet muda tersebut. Bukan Jack Sparrow kalau ia tidak berhasil membebaskan diri. Namun pelariannya rupanya membawanya pada jebakan yang lain: gerombolan perompak yang dipimpin oleh Blackbeard (Ian McShane). Angelica (Penelope Cruz), kekasih masa lalu yang baru saja ditemuinya tak lain adalah anak sang kepala perompak yang terkenal kejam itu.

Banyak peristiwa yang terjadi selama pelayaran mereka. Dan tentu saja semuanya tak lepas dan kekonyolan dan kegilaan ulah Sparrow. Tampaknya memang inilah yang dijual oleh Walt Disney. Penggemar film ini adalah mereka yang memang terbius oleh sosok rekaan Tim Powers tersebut. Maka meski film ini nyaris selalu jeblok di mata para kritikus film namun tidak demikian halnya dari sisi komersil. Pada Pirates of the Caribbean: At World’s End misalnya. Seri yang disebut-sebut memiliki kualitas terendahpun itupun berhasil meraup lebih dari US$900 juta dari peredarannya di seluruh dunia.

Seperti halnya Pirates of the Caribbean: At World’s End,pada seri keempat inipun terjalin romance diantara para tokohnya. Karakter Will dan Elizabeth yang diperankan Bloom dan Knightley memang menghilang, namun digantikan oleh kisah penginjil tampan, Philip Swift (Sam Claflin) yang jatuh cinta pada puteri duyung yang menjadi tawanan Blackbeard, Syrena (Àstrid Bergès-Frisbey). Sayangnya kisah mereka cuma tergarap sepotong, terasa tidak utuh.. Begitupun kisah cinta yang dimunculkan antara Sparrow dan Angelica yang rupanya dulunya adalah pasangan kekasih. Percintaan pasangan inipun terasa hambar. Meski demikian, di akhir film kesimpulanku adalah: aku terhibur 🙂

Selain hadirnya pemeran utama perempuan, Penelope Cruz dan pasangan Sam Claflin – Àstrid Bergès-Frisbey, orang baru yang dihadirkan adalah Rob Marshall, menggantikan posisi sutradara sebelumnya, Gore Verbinski.

Sutradara: Rob Marshall
Produser: Jerry Bruckheimer
Penulis: Terry Rossio, Ted Elliott (screenplay), Terry Rossio, Ted Elliott, Stuart Beattie, Jay Wolpert (characters), Tim Powers (novel, On Stranger Tides)
Pemain: Johnny Depp, Penelope Cruz, Geoffrey Rush, Ian McShane, Kevin McNally, Sam Claflin, Àstrid Bergès-Frisbey, Greg Ellis, Damian O’Hare, Stephen Graham, Óscar Jaenada, Gemma Ward, Richard Griffiths, Keith Richards, Judi Dench, Derek Mears, Sebastian Armesto, Anton Lesser, Roger Allam, Paul Bazely
Musik: Hans Zimmer
Sinematografi: Dariusz Wolski
Editing: Michael Kahn
Studio Walt Disney Pictures/Jerry Bruckheimer Films/Moving Picture Company
Durasi: 136 menit.

Iklan

3 pemikiran pada “Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides.. upaya Disney kembali mendulang dolar dari sosok kocak Sparrow

  1. Jika faktor utamanya adalah uang, film ini kembali berhasil meski tetap berada di bawah seri kedua. Namun diluar itu, filmnya sedikit membosankan menurutku. bahkan saya tidak tertawa sama sekali saat nonton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s