Ketika Lennon beradu gitar dengan Che di Chicago

Kemarin secara berturut-turut aku mendapat kiriman foto ini, dari dua orang kawan. Kurasa kawan-kawan yang mengirimi ini tau betul aku penyuka Lennon-Beatles dan mungkin menduga aku sedikit kiri (baca: slendro) hehe..

Tertulis catatan di bawahnya: “Di studio siang itu, di Chicago, 11 Agustus 1966, Lennon ditemani Guevara dengan gitar di tangan dan impian kebebasan. Che memang tidak pintar menyanyi, tapi ia spontan mengambil gitar dan tetap bernyanyi –tepatnya berteriak, banyak lagu tentang penindasan. John mendengarkan tanpa mengatakan sepatah kata pun. (Benarkah kejadian dalam foto ini hoax semata?”

Agak heran memang melihat tampilan mereka berdua, tapi aku gembira saja dapat memelototi dua cowok ganteng berkarakter ini πŸ™‚ Coba cari info ini sana sini, munculnya malah di milis (setelah tidak siaran aku nyaris tidak pernah membuka post di milis bitel). Adalah begawan bitel, Pandu Ganesa alias Pak Gono yang menyampaikan analisis ilmiahnya.

Kucopas lengkap saja komentarnya Pak Gono, meski ada bahasa Jawa yang aneh2 :):

“Hayyya, ini sotosop atawa rawonsop? Tampang Lennon di sini adalah versi circa album Somewhere in New York City (1972). 11 Agustus 66, Bitel berangkat dari London, tiba di Boston dan lanjut ke Chicago landing pukul 16.55. Malamnya ada konferensi pers yang untungnya Lennon tidak diplokotho lagi soal: lebih populer ketimbang Yesus. Besuknya baru mereka main. (sumber: The Beatles Chronicle). Jadi, antiklimaks dong? Tapi gpp kok, bagus juga untuk penyemangat mereka yang progresif revolusioner, walau Lennon sendiri sudah bersabda dalam Revolution: but if you talk about destruction, dont you know you can count me OUT (atau IN, terserah pilih yang mana, soalnya ada 2 versi sih). Kasihan tuh pager Senayan rusak.
……………….
Yang konyol, waktu tahun 66, usia Che kan sudah 38 tahun, sudah tuwek, dalam foto itu kelihatan masih umur 20 tahunan, seumuran dengan foto2 yang banyak beredar di kaos2 itu. Lagian ngapain juga dia jalan2 ke Chicago. Karena Che pernah ke Indonesia, maka kalau misalnya ada foto dia sedang salaman dengan Bing Slamet atau Oslan Hussein, atau penyanyi kroncong istana, saya malah langsung percaya.”

Gitu deh… Tapi memang tampak seru foto kedua cowok ganteng itu ya πŸ™‚

 

 

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Ketika Lennon beradu gitar dengan Che di Chicago

  1. hehehee… dari awal memang udah keliatan kalo itu olah digital, pake photoshop tuh πŸ˜€ bisa diliat dari croping kepala Che yg (justru) terlalu halus perbedaannya dengan poto aslinya (background nya) πŸ˜€ tapi…lepas dari itu hoax atau bukan, “moment” potonya dapet tuh πŸ˜€ makanya kemaren aku kirim ke Dhenok, heheheee… πŸ˜€ have a nice weekend, Nok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s