Savitri Scherer: Pramoedya Ananta Toer Luruh Dalam Ideologi

“Satu-satunya kesalahan Pram adalah dia berpikir dengan sangat jelas dan menulis dengan sangat bagus,” ujar Seno Gumira Ajidarma dalam diskusi peluncuran buku bertajuk “Pramoedya Ananta Toer Luruh dalam Ideologi” di Cemara 6 Galery, Jakarta, kemarin.

Melalui buku ini, sang penulis, Savitri Scherer bukan saja menjelajahi biografi Pram, tetapi juga hubungan antara dunia nyata dengan dunia fiksinya. Savitri membongkar struktur kompleks mediasi antara Pram dan dunia kreatifnya dengan memperhatikan suasana juga kekuatan-kekuatan sosial, kebudayaan, politik yang gegap gempita oleh pertarungan ideologi dan semangat zaman penuh intrik polemik pemenjaraan dari periode 1950-1980 yang dialami serta mempengaruhinya. Ia juga menelusuri pandangan-pandangan sosial dan politik Pram untuk memahami karir sastranya, seraya menilai tanggapan-tanggapannya terhadap norma-norma sosial dan sastra pada masanya.

Itu garis besar yang dikemukaan saat diskusi. Sebagian disampaikan moderator dan Seno Gumira sebagai pembicara, karena sang penulis, Savitri Scherer tak cukup banyak bicara di pertemuan ini 😦

Buku ini sendiri sebetulnya merupakan disertasi dari sang penulis saat mengambil gelar PhD di Australia pada tahun 1981. Saat itu berbagai tulisan tentang Pram dan yang berhubungan atau dihubung-hubungkan dengan komunis hukumnya adalah haram. Kalaupun tersedia diedarkan secara sembunyi-sembunyi. Maka timbul ide di kemudian hari menjadikan disertasi ini buku, untuk mengenal Pram lebih dekat dari penelitian yang dilakukan Savitri. Komunitas Bambu menerbitkannya.

Lengkapnya bagaimana? Silakan baca, karena aku juga baru baca bab pembuka πŸ™‚

Iklan

5 pemikiran pada “Savitri Scherer: Pramoedya Ananta Toer Luruh Dalam Ideologi

    • wah engga tuh..males ngantri hehe..

      telat dateng dpt duduk ga? penuh dan banyak yg berdiri. sayang bu savitri ga banyak bicara ya, padahal pasti seru prosesnya dulu.

      salam kenal lg. kl ada event serupa kabar2 ya.. πŸ™‚

    • busyet cepet amat! apa sih rahasianya? tadi sempet buka blognya blm ada, skrg dah selesai aja..*jempol* hehehe..aku pembaca yg malassss.. blognya kumasukin di list ‘kawan’ ya say.. kalo ada fb add dunk. pakai nama sama kok. ok πŸ™‚

  1. sebenarnya belum selesai-selesai amat. baca cepat aja, soalnya memang termasuk tipis sih (kurang dari 150 halaman).
    aku sendiri malah belium selesai tetralogi, habisnya yang nomer 2 belum punya (anak semua bangsa), tiga dan empat udah ada. kan males kalau lompat bacanya. *alesan*

    iya..FB ku juga dengan nama yang sama kok. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s