Menari di bawah hujan dengan Little Wing

Little Wing

Well, she’s walking through the clouds,
With a circus smile running wild,
Butterflies and zebras,
And Moonbeams and fairy tales.
That’s all she ever thinks about.
Riding with the wind.

Lord when I’m sad, she comes to me,
With a thousand smiles she gives to me free.
It’s alright, she said it’s alright
Take anything you want from me,
Anything

Barisan lirik ini pertama kali kunikmati dari suara Sting. Ternyata mendengarkan musik versi aslinya terasa jauh lebih kaya. Membuatku membayangkan ada seseorang yang tiba-tiba hadir di depanku, mengusap air mataku dan mengajakku menari di bawah hujan. Murung yang menyiksa, tapi aku menikmati betul nuansa itu. Masochist! Tapi kurasa dalam diri setiap orang ada sisi itu..

Little Wing dirilis Jimi Hendrix pada tahun 1967 dari albumnya Bold As Love. Konon lagu ini terinspirasi dari Monterey Pop Festival pada tahun 1967 (dua tahun sebelum Woodstock), konser selama 3 hari berturut yang menghadirkan The Who, The Byrds, Janis Joplin, sejumlah grup dan penyanyi lain. Di konser yang dikunjungi sekitar 200 ribu orang itu, Jimi membayangkan dirinya fly diantara para perempuan yang hadir dalam konser tersebut. Maka dijudulinya lirik yang baru dibuatnya itu “Little Wing”. Ternyata jauh berbeda dengan nuansa yang kutangkap. Dia fly, aku murung hahaha.. *tapi bisajadi penyebabnya sama ya? :)*

Gitaris Rage Against the Machine, Tom Morello mengatakan: “It’s just this gorgeous song that, as a guitar player, you can study your whole life and not get down, never get inside it the way that he does. He seamlessly weaves chords and single-note runs together and uses chord voicings that don’t appear in any music books.” (Rolling Stone, 2011 tribute to Hendrix)

Aku tak begitu mengerti teori musik, tapi memang ada yang tak biasa dalam bunyi yang dihadirkan. Disebutkan Jimi menggunakan pengeras suara Leslie yang didesain untuk organ. Alhasil bunyi yang keluar pun menjadi unik.

Sejumlah gitaris pernah membawakan lagu ini. Eric Clapton merekamnya sebagai “a tribute to Jimi” di albumย  The Derek and The Dominos album, Layla And Other Assorted Love Songs yang dirilis tahun 1970. Jimi sendiri tak pernah mendengarnya; ia meninggal hanya 9 hari sebelum album tersebut dirilis.

Vokalis The Police, Sting membawakan lagu ini dalam versi yang berbeda. Gitaris kenamaan seperti Stevie Ray Vaughan, Joe Satriani, Jeff Beck juga unjuk kebolehannya mencabik gitar untuk Little Wing ini. Grup yang tergolong baru seperti Skid Row juga mencoba karya Jimi dalam versi mereka. Tapi di sini aku ambilkan tayangan Little Wing versi si cantik dari Irlandia, Andrea dan saudara2nya yang tergabung dalam The Corrs.

Banyak yang mencoba mengulik karya Jimi Hendrix, ada yang dipuji ada pula yang menuai cela. Lepas dari itu, mereka telah berusaha menyampaikan apresiasinya dan penghormatannya terhadap sang jenius musik yang hidupnya singkat ini.

Iklan

3 pemikiran pada “Menari di bawah hujan dengan Little Wing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s