Menjenguk Kota Apel (5 – Stupa Sumberawan, monumen Budha di kesunyian)

Cahaya sore, sedikit yang tersisa di antara mendung, menerobos celah dedauan. Hijau dan hijau sejauh mata berpendar. Hanya di tengah tampak stupa yang tak lagi berbentuk stupa, sebagai sentral. Inilah Stupa Sumberawan, monumen lambang agama Budha yang diduga didirikan pada abad 14.


Stupa Sumberawan berada di Desa Sumberawan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Bisajadi stupa ini akan menjadi kunjungan kedua setelah Candi Singosari, karena letaknya yang sekitar 5 kilometer ke arah utara dari candi tersebut. Untuk sampai ke lokasi dibutuhkan perjalanan kaki sejauh lebih kurang 400 meter, menyusuri jalan kecil di tepi sungai berair bening.


Tidak diketahui persis siapa yang menemukan Stupa Sumberawan untuk pertama kalinya. Hanya tercatat bahwa seorang pribumi penduduk setempat melapor kepada pemerintah Hindia Belanda (1904). Namun pemerintah baru memberikan perhatian pada tahun 1928 dan 1935. Seorang ahli purbakala Hindia Belanda, Ir. Van Romondt kemudian dilibatkan.


Stupa Sumberawan tidak memilki hiasan atau ukiran. Dan yang tersisa saat ini bangunan ini tak memiliki puncak sebagaimana layaknya sebuah stupa. Sebagai sarana pemujaan agama Budha, di dalam stupa juga tidak dijumpai benda-benda reliq dari para Biksu maupun Arhat.

Lepas dari kondisi tak sempurna sang stupa, aku ingin kembali ke sini, suatu kali. Menginap barang 2 malam, bersekutu dengan alam, menikmati kesunyian, bercengkerama dengan burung-burung liar, berendam di air sejuk danau mungil di belakang stupa… Kapan ya? *daydreaming*

Perjalanan sebelumnya:
Candi Singosari
– Inggil Museum Resto
– Kampung Inggris dan Gua Maria Pohsarang
– Agrowisata Batu Malang

Sumber: buku “Stupa Sumberawan – Suwardono”

Iklan

Satu pemikiran pada “Menjenguk Kota Apel (5 – Stupa Sumberawan, monumen Budha di kesunyian)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s