Hugo, mengejar mimpi hingga akhir sebuah jawaban

Suasana stasiun yang ramai. Bocah laki-laki kecil mengendap, menyelinap di antara keriuhan manusia dengan masing-masing ceritanya. Suasana menjadi tegang ketika anjing penjaga mulai menunjukkan kemampuan endusannya. Sang penjaga pun waspada. Dan si bandit kecil itupun mencari cara melarikan diri.

Itulah awal cerita Hugo, film yang kutonton pada sebuah malam entah kapan..sudah lupa.. dan baru sekarang sempat menulis. Setidaknya masih bisa dijadikan referensi to untuk yang belum nonton 🙂

Film ini diangkat dari novel The Invention of Hugo Cabret karya Brian Selznick. Berbeda dengan film Scorsese lainnya seperti Goodfellas (1990) atau film terbaru sebelumnya, The Departed (2006), Hugo tidak menceritakan tentang kekerasan. Dengan suasana Eropa di masa lalu, Hugo menjadi kisah klasik yang hangat.

Hugo berkisah tentang anak yatim piatu bernama Hugo Cabret (Asa Butterfield). Sebelumnya terperangkap dalam liarnya kehidupan di stasiun, Hugo tinggal bersama ayahnya yang ahli mesin, (Jude Law). Namun kepergian sang ayah yang tiba-tiba dalam sebuah peristiwa kebakaran, menghantar Hugo dalam kehidupan yang sulit. Dirawat oleh paman yang pemabuk, Claude Cabret (Ray Winstone), Hugo membantu menjalankan tugas sang paman yang merupakan mekanik jam di stasiun kereta api di Gare Montparnasse, Paris, Perancis. Selain karena kemudian Hugo mewarisi keahlian otak-atik mesin, tapi juga karena kemalasan sang paman dalam bekerja, alhasil Hugo bahkan mengambil alih kerjaan sang paman: memperbaiki seluruh jam yang ada di stasiun kereta api tersebut.

Diluar rutinitasnya memperbaiki aneka macam jam di stasiun tersebut, Hugo punya mimpi. Ia terobsesi dengan robot besi yang merupakan peninggalan ayahnya. Ia terobsesi untuk dapat memperbaiki robot tersebut dengan tangannya sendiri. Maka pencarianpun dimulai. Ia mengambil perangkat mekani kecil yang dibutuhkan untuk memperbaiki robot besi miliknya. Berbagai cara dilakukan, tapi yang jelas adalah: mencuri. Dalam upaya pencarian inilah dia akhirnya bertemu dengan Georges Méliès (Ben Kingsley), seorang pemilik toko mainan di stasiun kereta api tersebut. Sudah lama ia mengincar Hugo karena sering mencuri bagian-bagian mekanis mainan di tokonya. Lalu diserahkannya sang bocah kepada petugas stasiun, Inspector Gustave (Sacha Baron Cohen).

Tapi tentu saja si bandit kecil ini berhasil melarikan diri dari sel. Ada yang harus ia minta dari Georges, buku! Karena buku itulah kunci dia menghidupkan kembali robotnya. Dalam pencariannya ke rumah Georges, Hugo berjumpa dengan Isabelle (Chloë Grace Moretz), anak angkat Georges. Berdua mereka melakukan serangkaian petualangan yang akhirnya membuka rahasia masa lalu Georges Méliès yang ternyata berkaitan kehidupan masa lalu Hugo.

Novel ini berhasil diadaptasi dengan baik oleh John Logan. Ini bukan kali pertama Scorsese bekerjasama degan Logan. Sebelumnya mereka menggarap The Aviator (2004). Jajaran pemain berperan dengan baik, baik si tokoh berumur yang diperankan Ben Kingsley hingga si bocah yang diperankan Asa Butterfield. Begitupun para pemeran lainnya. Gambar yang dimunculkan sepanjang film detil dan indah. Namun pada beberapa titik film ini cukup bikin jenuh, karena adegan yang lambat dan potongan cerita pendukung yang terasa bertele-tele.

Namun demikian tetap..ini adalah karya cemerlang Martin Scorsese yang telah berkiprah sebagai sutradara selama hampir lima dekade. Dan ia masih berani hadir dengan tema cerita yang berbeda.

Sutradara: Martin Scorsese
Produser: Johnny Depp, Tim Headington, Graham King, Martin Scorsese
Penulis: John Logan (screenplay), Brian Selznick (novel, The Invention of Hugo Cabret)
Pemain: Asa Butterfield, Ben Kingsley, Chloë Grace Moretz, Sacha Baron Cohen, Ray Winstone, Jude Law, Christopher Lee, Helen McCrory, Michael Stuhlbarg, Emily Mortimer, Frances de la Tour, Richard Griffiths, Marco Aponte, Emil Lager, Ben Addis, Robert Gill, Kevin Eldon
Musik: Howard Shore
Sinematografi: Robert Richardson
Editing: Thelma Schoonmaker Studio Paramount
Pictures/GK Films/Infinitum Nihil
Durasi: 128 menit

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s