Peringatan Hari Bumi 2012 di Berbagai Kota

Pada Minggu, 22 April 2012 mendatang kita memperingati hari bumi. Pertanyaannya: masih pentingkah hari bumi diperingati? Buatku sendiri tidak terlalu penting, tapi cukup “perlu”. Karena yang lebih penting adalah aksinya dan bagaimana menjadikan aksi itu sebagai bagian dari sikap hidup. Tidak sebatas peringatan dan seremoni. Tapi peringatan tetap perlu, menjadi penanda sudahkah kita melakukan tugas sebagai bagian dari bumi ini?

Pada dua tahun terakhir aku membeli tanaman sebagai penanda peringatan. Dua tahun lalu Pohon Kedondong kecil dan tahun berikutnya Bunga Zodia. Keduanya masih menghuni rumah kecilku di Bandung. Pada peringatan kali ini aku cukup ‘menyolong’ anak tanaman di kantor. Akan kucoba rawat di tempat kost.

Bagaimana denganmu, kawans?

******

Sempat googling beberapa kegiatan terkait hari bumi di beberapa daerah. Beberapa kurasa hanya sebatas seremoni karena tidak begitu yakin dengan tindak lanjutnya. Kita lihat saja… 🙂

Dan silakan, barangkali berdekatan dengan lokasi dan ingin bergabung.

*

LAMPUNG

Himpunan Mahasiswa Kehutanan (Himasylva) Fakultas Pertanian Universitas Lampung akan menyelenggarakan rangkaian acara untuk memperingati hari bumi.

Minggu, 22 April 2012: Jalan Sehat, dengan mengambil rute keliling fakultas-fakultas di lingkungan kampus hijau Unila.

Rabu, 25 April 2012: Diskusi dengan tema “Mau Dibawa Kemana Hutan Lampungku?” dengan narasumber dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung, Kepala Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dan Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas.

*******

JAKARTA

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara menggelar UMN Green Week 2012 pada 22-27 April 2012.

Rangkaian acara UMN Green Week dimulai dengan penanaman bibit mangrove di kawasan ekowisata Tol Sedyatmo, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Senin, 23 April: Lomba majalah dinding “Keep the Earth Young” di Function Hall UMN.

Selasa-Rabu, 24-25 April: Lomba band UMN Green Week 2012, suarakan “Keep the Earth Young”.

Kamis-Jumat, 26-27: Seminar bersama Yudithia dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia dan penampilan Vicinity Dance UMN, band pemenang lomba, Paroeh Waktoe(@parohwaktoe), Tokyolite, serta bintang tamu Endah N Rhesa (@endahNrhesa) di Function Hall UMN.

***

SMA Negeri 33 Jakarta akan memperingati hari bumi dengan membagikan bibit-bibit pohon kepada masyarakat, dengan harapan agar muncul kesadaran akan semakin menurunnya penghijauan di bumi ini.

Pelaksanaan:
Senin, 23 April 2012
Pkl. 06.30 sd selesai
Di Jl. Daan Mogot, Cengkareng

*******

BANDUNG

Menyambut Hari Bumi 2012, Asia Africa Youth Forum (AAYF) Indonesia dan Rotaract Club Bandung Area dan didukung oleh Museum Konperensi Asia Afrika menggelar kampanye lingkungan bertajuk “Apple Day”. Acara ini juga merupakan salah satu dari rangkaian HUT Konperensi Asia Afrika ke-57 yang akan digelar dari tanggal 18 hingga 24 April 2012 di Gedung Merdeka, Bandung dan sekitarnya. Kampanye lingkungan ini akan digelar di Car Free Day, Dago, Bandung dan akan berkolaborasi dengan banyak relawan dan komunitas.

Konsep dari kampanye ini adalah menukarkan botol plastik minuman bekas dengan satu buah apel, dimana apel merupakan simbolisasi dari produk alam yang senantiasa memberikan kita kesehatan dan kita sebagai penduduk bumi seharusnya menjaga bumi kita ini untuk tetap lestari.

*******

SEMARANG

Pada Hari Bumi 2012 Universitas Diponegoro akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan penyelamatan bumi, antara lain:

Jumat, 20 April 2012: Car Free Day in Campus, Penghijauan, dan pembuatan Biopori; Aksi teatrikal kerusakan bumi; Diseminasi tentang kerusakan bumi; Penanaman Mangrove; Bersih Pantai
Sabtu, 21April 2012: Pembuatan kompos di Tapak Tugurejo; Penghijauan di Kampung Nelayan Tambak Lorok
Minggu, 22 April 2012: Bersih-bersih Lingkungan; Kampanye keselamatan bumi
Senin, 23 April 2012: Lokakarya Peningkatan Lingkungan Melalui Proper

*******

SURAKARTA

Hari Bumi 2012 DESKOMVIS, SENI MURNI, DESAIN INTERIOR, KRIYA TEKSTIL (Fak.Seni Rupa, UNS Angkatan 2011)
akan menggelar:

“PAMERAN HARI BUMI 2012”
:::::::::::REGREEN:::::::::::
(Art For Earth, Earth For Art)

Di Galeri Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta
Jl. Ir. Sutami 57 Surakarta, Jateng

Sabtum 21 April 2012
Opening Ceremony
Penanaman Bibit Pohon
Artwork Exhibition
Band Performance :
-RUANG TUNGGU
-GPKB
-TEGURSAPA
-SECOND CHANGE
-THE GLOW
-MOERELLA
-Etc…

22 April 2012

Artwork Exhibition
Workshop Regreen
Mural Action
Closing Ceremony

*******
JOGJAKARTA
Kopi Darat (KOPDAR) Komunitas Blogger Jogja bekerjasama dengan Kedai Hijau WALHI DIY akan mengadakan KOPDAR terkait Hari Bumi 2012

Hari/Tgl: Minggu, 22 April 2012, pukul 08.00 WIB
Tempat  : Kedai Hijau WALHI DIY
Jl. Nyi Pembayun 14 A karangsamalo, Kota Gede.

Acara:

1. Kampanye hari bumi di twitter / Facebook / Blog dengan hastag #kbjloveearth atau #kbjgogreen dan membantu kampanye WALHI DIY hastag #earthtalk dimulai dari sekarang bisa.

2. Ikutan nanam bibit bisa dirumah masing-masing atau di lokasi yang mau disepakati (bibit bisa minta ke WALHI / @WOMAGZ dengan menukar kertas bekas dengan bibit) batas waktu penukaran 13,14, 15 April 2012 di Geronimo Kafe, Sagan Huiz, atau TJendelo Jogja atau di WALHI DIY

3. KOPDAR tanggal 22 April 2012 diawali dengan Kampanye hari bumi (itu kalo bisa dilaksanakan) dilanjutkan diskusi “Blogger Ngobrolin Lingkungan” di Kedai Hijau (WALHI DIY) dengan pembicara dari SHALINK (Sahabat Lingkungan)

4. Diskusi di tutup dengan diskusi blogging (kelompok kecil) untuk nambah pinter css,html dll plus erning.

Untuk denah tempat KOPDAR berlangsung bisa diakses di maps.google.com dengan pencarian -7.824328,110.395238

***

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) DIY bekerjasama dengan komonitas sosial menggelar bazar barang bekas pakai dan edukasi bertajuk ‘Ijolan Sampah’ Tempat: Jalan Nyi Pembayun Nomor 14 A, Karang Samalo, Kota Gede, Kota Yogyakarta.
Waktu: Sabtu-Minggu, 21-22 April 2012.

*******

SURABAYA

Himpunan mahasiswa Teknik Lingkungan ITS akan menggelar Earth Week 2012. Acara dikemas dalam 4 hari kegiatan berupa:

Selasa, 17 April 2012: Uji emisi mobil dan motor serta orasi, membagikan stiker dan masker disertai servis dan konsultasi kendaraan bermotor di daerah Tugu Pahlawan Surabaya

Kamis, 19 April 2012: Kegiatan Earth Day for Kids dengan tema Aku dan Bumiku yang diselenggarakan di Taman Flora Surabaya

Sabtu, 21 April 2012: Kegiatan talkshow Environmental Youth Mini Conference bertemakanYouth Action For A Better Green Living dan teknologi bagi pemuda yang peduli terhadap lingkungan yang  diselenggarakan di  Gedung Rektorat Lt.1 ITS Surabaya

Minggu 22 April 2012: Kegiatan fun bike dari Jurusan Teknik Lingkungan kemudian dilanjutkan kegiatan tanam pohon (tempat kondisional).

*******

DENPASAR

Pada Minggu, 22 April 2012, Serambi Arts Antida akan menggelar rangkaian program bertajuk “Children and Earth” diantaranya pameran, pagelaran musik, workshop dan diskusi tentang lingkungan. Kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas dan seniman di Bali, bertempat di Jalan Waribang 32, Kesiman, Denpasar.

Pameran foto bertema “Fasilitas Publik di Mata Anak-anak” yang menampilkan karya dari 35 anak-anak hasil pelatihan fotografi oleh Sri Utami, alumnus Allgonquin College, Jurusan Photography, Canada.

Workshop mengolah  barang-barang bekas untuk dijadikan instalasi atau dekorasi. Workshop yang dimotori Yan Trashart – Ubud, dipandu oleh Tebo Barong  yang telah bergelut dengan dunia trash art selama bertahun-tahun, mengedepankan konsep daur-ulang yang konsumerisme yang hanya membeli barang dibutuhkan dan memanfaatkan barang sudah tidak berfungsi lagi (re-use), seperti membuat gelang berbahan dasar ban dalam bekas yang didesain dengan menarik.

Komunitas Batik Gondorukem akan unjuk kreativitas dengan menggelar workshop batik. Workshop ini terbatas untuk 20 peserta saja dengan biaya 100.000 per orang mendapatkan sertifikat dan makan siang.

Pentas musik yang akan menampilkan, antara lain, JazzPath (France),Geekssmile, Nosstress,  Dialog Dini Hari, Anak Tangguh Salsa Dance, The Hunter, Damai and Friends Percussion,Ganjil, Kids Teater Performances,Sandra Fay & Friends( Bali International School), Kay Armanousa dan kelompok musik dari Hawai Nahko & Medicine for The People. Pentolan Sirkus Barock, Sawung Jabo juga akan tampil mempersembahkan lagu-lagu bertema lingkungan.

dari berbagai sumber

******

ini anak kecil yg baru kupisahkan dari emaknya..kuambil gambarnya pagi tadi (19/4). sehat ya nak :)

ini anak kecil yg baru kupisahkan dari emaknya..kuambil gambarnya pagi tadi (20/4). sehat ya nak 🙂


Iklan

6 pemikiran pada “Peringatan Hari Bumi 2012 di Berbagai Kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s