Soal Larangan Motret gitu deeeh :)

Pernah mendapat larangan memotret? Pernah mungkin ya… Terutama yang biasa menggunakan kamera SLR. Akhir Juni lalu aku mendapati larangan serupa waktu menonton pertunjukan tari Matah Ati, di TIM Jakarta. Kameraku terlewat dari ‘penyitaan’ karena aku tidak membawanya dalam tas kamera, tapi tas kain biasa. Aneh juga sih, terkelabuhi oleh ‘non tas kamera’ hehe..

Di dalam ruangan -seperti yang kuduga- banyak penonton yang memotret menggunakan kamera ponsel. Mungkin panitia hanya ingin publikasi dari ‘satu pintu’. Tapi..please deh..banyak yang menggunakan ponsel dan ipad. Dan mungkin juga banyak penonton lain yang kameranya lolos seperti aku. Dan masih bisa ‘nyuri’ motret.


Senin kemarin menemani seorang kawan mengunjungi Masjid Al Irsyad Padalarang. Masjid di Kota Baru Parahyangan ini memang unik. Tak terlihat seperti masjid pada umumnya. Selain bentuk kubus yang tidak biasa, sepanjang dinding masjid tertulis dua kalimat syahadat yang dibuat dari rangkaian ventilasi. Bangunan rancangan Ridwan Kamil yang diresmikan pada 2010 ini dicatat National Frame Building Association dalam lima besar ‘Bangunan Terbaik Tahun 2010’.

Tengah aku memotret seorang satpam menghampiri. Tidak boleh memotret menggunakan kamera DSLR. Kenapa? “Mbak kan tau sendiri kalau kamera begini hasilnya lebih bagus.” Hihi..alasan yang aneh. Kameraku punya resolusi 10,6. Tapi tau ga bapak satpam itu, dan yang bikin aturan itu, kalau kamera yang ‘begini’ ini juga ada yg resolusi di bawah 5? Tau juga ga mereka kalau kamera compaq ada yang kualitasnya melebihi kamera ‘begini’? Ngerti ga kalau ponsel sekarang banyak yang canggih dengan resolusi bahkan lebih tinggi dari kamera ‘begini’?

Aturan yang tak relevan toh? Coba deh dong.. aturannya didetilkan biar alasannya tak terdengar aneh.

Tapi yo wislah..kalo dilarang, mari motret meong aja. Meong hitam penjaga Masjid Al Irsyad πŸ™‚

Iklan

7 pemikiran pada “Soal Larangan Motret gitu deeeh :)

  1. aku dong pernah motret papan :dilarang memotret di sini
    itu kejadiannya di depan gerbang mabes tni ad yang di jalan medan merdeka utara. kebetulan hari jumat dan sedang sholat jumat, jadi penjaganya nggak ada πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s