Workshop Membuat Kertas Daur Ulang Bersama Mukti-Mukti (2)

Cara membuat kertas daur ulang sudah dicoba ya.. Yang belum coba bisa dilihat di halaman sebelumnya: Workshop Membuat Kertas Daur Ulang Bersama Mukti-Mukti (1). Sekarang kita bikin box dengan pelapis kertas daur ulang. Kang Mukti-mukti yang masih memberikan istruksi.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Cutter
2. Penggaris (bisa pilih yang sekalian besi)
3. Gunting
4. Kuas atau alat lain untuk mengoles lem
5. Tripleks atau kaca untuk alas memotong

Bahan yang dibutuhkan:
1. Karton tebal (20’, 30’, 40’)
2. Kertas sesuai kebutuhan dan model box
3. Isolasi kertas
4. Lem (dapat membeli kemasan jadi atau membuat sendiri)

Pertama, membuat kotak karton.

Langkah 1: membuat pola sesuai ukuran yang dikehendaki. kali ini model box-nya adalah box berpenutup. tambah ukuran secukupnya untuk tutup box, memberi ruang untuk kertas daur ulang sebagai pelapis.

mukti: cik bantuan, mata saya udah silindris..teu lurus.

Langkah 2: pastikan masing2 garis tertarik siku, agar box berbentuk kotak sempurna.

syafei: soklah dibantuan, meh lurus.

Langkah 3: potong pola yang sudah dibuat. berikan irisan dengan kedalaman setengah saja untuk menandai lipatan box.

iris masing-masing sisi secara bertahap untuk mendapatkan irisan yg sempurna. pada sisi lipatan, berikan irisan dengan setengah kedalaman.

Langkah 4: merapikan box yang sudah dipotong.

rapihkan kertas yang sudah dipotong. pastikan ukuran tiap sisinya sama.

Langkah 5: melipat kertas berpola menjadi bentuk kotak. gunakan isolasi kertas untuk menyambungkan.

lipat masing-masing sayang kertas membentuk kotak siku. kasih dua rekatan, meh kuat.

Langkah 6: jadi nih box-nya. gampang kan?

jadi deh box-nya

Sekarang tinggal bikin lapisan kertas daur ulangnya.

Langkah 1: buat potongan kertas menyesuaikan permukaan box yang akan dilapisi.

cara memotong kertas daur ulang yang benar: lipat, jilat, sobek πŸ˜€

Langkah 2: mengoleskan lem pada lembaran kertas. lem yang beli dalam kemasan bisa diencerkan terlebih dahulu dengan air.

oleskan lem secara merata pada permukaan kertas.

Langkah 3: tempelkan kertas daur ulang pada box karton yang sudah jadi.

saatnya menempelkan kertas daur ulang pada box. pastikan terekat sempurna pada permukaan.

Langkah 4: merapikan kertas daur ulang yang sudah tertempel seluruhnya.

mukti: nah..sambungannya nanti kalo dah kering bisa diamplas biar rapi. ajeng: ah, saya mah suka ga diamplas, buat variasi.

Langkah 5: box berpelapis kertas daur ulang siap digunakan.

jadi deh box kertas daur ulang yang unik.

Daaaaan…semua pekerjaan ini dapat terlaksana dengan baik, selain oleh sang pelatih: Mukti-mukti, juga karena atas andil pengawasnyaaah sodara-sodara! πŸ™‚

sang pengawas!

Selamat mencoba, selamat berkarya!

Iklan

5 pemikiran pada “Workshop Membuat Kertas Daur Ulang Bersama Mukti-Mukti (2)

  1. Hi Dhenok,

    My subscription has gone messed up, so now I am resubscribing, looking forward to reading some more!

    And Happy New Year to you, may 2013 be blossoming roses to you yah! πŸ™‚

    Subhan Zein

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s