Mengenal Bahasa dan Budaya Jepang (Kaizen)

Memasuki Tahun Baru Cina 2013 yang bertepatan dengan Tahun Ular Air, aku memutuskan untuk mengambil pekerjaan kantoran (lagi), setelah beberapa waktu menjadi freelance writer. Ada jam-jam dan kenyamanan yang memang lantas terkorbankan seiring dengan aturan kerja yang harus disepakati. Ya ya..setiap keputusan ada konsekuensinya bukan?

Tapi setidaknya ada hal menarik yang selalu bisa dicari. Aku mengusulkan untuk ‘meramaikan’ halaman social media kantor yang selama ini sepi. Menarik buatku, sekedar menulis cerita-cerita singkat. Selain itu: belajar bahasa Jepang! Ada anjuran buatku untuk mempelajari bahasa bangsa matahari terbit ini. Bukan hanya anjuran, tapi diberikan fasilitas. Lumayanlah..gratis πŸ™‚ Itu mulai kulalukan di beberapa minggu terakhir.

Nah, hari ini berangkat dari pertanyaan seorang kawan tentang belajar bahasa Jepang, terpikir untuk posting perihal belajar bahasa Jepang di sini. Maka terhitung hari ini aku akan bagikan di sini, cerita tentang bahasa dan budaya Jepang dari yang sudah pernah ditayangkan di page, ditambah dengan soal belajar bahasa. Sedikit demi sedikit, barangkali cukup membantu yang suka belajar otodidak. Sedikit aja ya.. kalo mau banyak, datang langsung ke tempat kursus πŸ™‚

Ke sini ya… JLMC Bandung πŸ™‚

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 1

jlmc - kaizenKaizen dalam bahasa Jepang bermakna “perbaikan berkesinambungan” atau suatu proses penyempurnaan terus menerus yang tiada henti. Filsafat Kaizen berpandangan bahwa hidup hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus.

Kaizen merupakan salah satu prinsip yang dipraktekkan bangsa Jepang dan terbukti membawa dampak positif bagi kemajuan negeri matahari terbit ini. Kaizen dapat diaplikasikan kepada semua aspek kehidupan, namun pada era pasca Perang Dunia II Kaizen difokuskan untuk peningkatan mutu produktivitas dan manajemen perusahaan Jepang. Pada penerapannya, Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah. Hasilnya dapat dilihat dari mutu produk yang dihasilkan Jepang dan sistem manajemen perusahaan Jepang yang terkenal efisien dan efektif.

Dan Jepang, sebuah bangsa yang porak-poranda dijatuhi dua bom atom di dua kota industri terpentingnya berhasil bangkit menjadi negara yang dihormati dari sumber daya manusia dan kekuatan ekonominya.

dari berbagai sumber

*******

Lalu apa hubungannya dengan soal Tahun Baru Cina?

Konon di tahun baru yang merupakan Tahun Ular Air ini, Shio Macan tak mendapatkan hal yang luar biasa. Tapiiiii.. konon untuk yang sedang sakit, akan berangsur pulih dengan kemajuan yang cukup pesat. Untuk yang sehat, sepanjang tahun ini kesehatan selalu terjaga dengan baik. Bagi yang sedang menanti kabar baik dalam hal finansial dan urusan pribadi, ketekunan yang sudah ditanam akan membuahkan hasil dan membuat tahun ini menjadi tahun yang penuh dengan syukur.

Itu kata ramalan!

Kalo kataku: mari jaga kesehatan..mari bekerja keras dan cerdas πŸ™‚

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s