Hanami, saat menikmati Sakura berbunga

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 4

jlmc - meong dan sakura

Hanami atau hana wo miru (melihat bunga) adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, dalam hal ini bunga Sakura. Bunga Sakura dipandang sebagai metafora untuk kefanaan hidup. Sehingga musim bunga Sakura dijadikan saat untuk mengamati dan menghargai kefanaan, sekaligus waktu untuk memperbaharui semangat.

Tradisi ini berawal pada abad ke-8. Konon tradisi ini terinspirasi dari upacara minum teh untuk para elit Pengadilan Imperial. Upacara tersebut berlangsung di bawah pohon Sakura yang tengah berbunga. Mereka percaya Kamisama (Dewa) tinggal di dalam pohon-pohon dan bunga.

Hingga kini Hanami menjadi kebiasaan yang mengakar di seluruh masyarakat Jepang dan telah diterima sebagai salah satu kekhasan bangsanya. Masa Sakura berbunga berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya, dimulai dari daerah paling selatan. Berlangsung bulan Maret hingga Mei (pertengahan Juni). Beberapa tempat unggulan untuk ber-hanami di antaranya adalah Arashiyama di Kyoto, Yoshino di Nara, taman disekitar OsakaCastle, dan Taman Shukugawa di Nishinomiya, Prefektur Hyogo.

Masyarakat Jepang merayakan Hanami dengan berpiknik di bawah pohon-pohon Sakura. Mereka menggelar tikar, duduk-duduk dan bercengkerama sambil menikmati santapan khas Jepang dan minum sake. Semuanya merayakan. Baik bersama teman, keluarga, termasuk kelompok-kelompok dari organisasi dan perusahaan. Bahkan membawa serta binatang kesayangan seperti kucing.

sumber: outsiderjapan

Mau mengenal dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s