Hibaku Jumoko, pohon bersejarah di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 12

Pohon ajaib

Insiden bom atom Hiroshima pada 6 Agustus 1945 telah membumihanguskan kawasan tersebut. Kota ini seperti kota mati yang dikelilingi bau hangus dan bahaya radiasi. Seorang ilmuwan dari Proyek Manhattan, Dr Harold Jacobsen, kepada Washington Post mengatakan bahwa tanah Hiroshima akan “mandul” dan tidak akan ada tanaman yang tumbuh selama 75 tahun di kota itu.

Tapi rupanya alam punya rencana lain. Pada musim semi berikutnya, warga dikejutkan oleh hadirnya tunas-tunas baru yang muncul di antara puing-puing kota. Bibit-bibit pohon muda itu tak ubahnya simbol harapan yang kuat bagi para korban yang selamat dari insiden bom atom tersebut untuk kembali membangun kota.

Kini Hiroshima telah menjadi sebuah kota modern yang hijau dan dinamis. Sebagian besar pohon yang ditanam di kota ini merupakan hadiah dari luar negeri dan juga dari negara bagian lain di Jepang. Namun menariknya, ratusan pohon yang masih berdiri hingga kini merupakan pepohonan sisa ledakan bom yang terjadi hampir tujuh dekade sebelumnya. Konon ada sekitar 170 pohon yang selamat, mewakili 32 spesies yang berbeda. Meski sempat rusak dan terbakar, ajaibnya pohon-pohon itu selamat dan berhasil memulihkan diri. Pohon-pohon itu lalu didaftar sebagai pohon yang dibom atau biasa disebut “Hibaku Jumoko”.

dari berbagai sumber

Mau mengenal lebih banyak jauh bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s