Ramen? Mmmm…yummyyyyy!

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 13

jlmc - ramen

Anda penyuka ramen?

Banyak yang menduga kalau ramen adalah makanan asli Jepang. Padahal sebetulnya ramen berasal dari Cina. Konon ramen disantap pertama kali oleh Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon), hasil racikan seorang ilmuwan Konghucu yang sedang dalam pengasingan dari Dinasti Ming. Dia diundang untuk datang ke Domain Mito.

Tidak diketahui persis kapan ramen mulai dinikmati rakyat banyak. Namun sudah sejak lama ramen masuk dalam daftar menu berbagai rumah makan di kawasan permukiman keturunan Tionghoa di Kobe dan Yokohama. Setelah itu, pada zaman Taisho, penjual mi di Hokkaido sudah menjual ramen seperti ramen yang dikenal orang sekarang ini.

Yang menarik, setiap daerah atau kota di Jepang biasanya memiliki masakan ramen khas yang dipakai sebagai daya tarik pariwisata. Tradisi ramen lokal muncul pada tahun 1980-an, sebagai sebagai upaya mempromosikan keunikan ramen khas masing-masing daerah di Jepang. Keunikan khas daerah ini memiliki nilai komersial yang tinggi. Tak heran jika di Jepang banyak dijumpai buku laris tentang ramen. Biro perjalanan juga menawarkan paket wisata untuk berkeliling menikmati ramen dari penjual ramen terkenal.

Bahkan Hollywood juga pernah mengangkatnya dalam sebuah kisah bertajuk Ramen Girl yang salah satunya dibintangi Brittany Murphy sebelum aktris itu meninggal dunia.

dari berbagai sumber

Mau mengenal lebih jauh bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s