Aisatsu, salam di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 16

jlmc - aisatsuSalam atau greeting sebagai bagian dari budaya suatu daerah, menarik untuk dicermati. Begitupun dengan salam yang ada di Jepang. Salam -yang dalam bahasa jepang disebut Aisatsu atau salam sangat penting dalam budaya Jepang. Mari berkenalan dengan beberapa salam di Jepang.

Ohayougozaimasu. Atau kadang disingkat ohayou saja untuk suasana tidak formal. Ini adalah aisatsu di pagi hari.

Konnichiwa dan konbanwa. Keduanya masing-masing berarti selamat siang dan selamat malam. Sedangkan ucapan selamat malam yang setara dengan ‘good night’ adalah oyasuminasai. namun pengertiannya lebih pada selamat beristirahat atau selamat tidur.

Aisatsu yang paling umum dikenal adalah doumo arigatou gozaimasu, yang dipadankan dengan ‘terima kasih’. Kadang hanya menggunakan arigatou gazaimasu atau arigatou saja. Mengucapkan arigatogozaimasu berarti kita menganggap sesuatu yang telah dilakukan sangat penting dan berarti buat kita. Karena itu kita berterima kasih.

Omedetou gozaimasu adalah ucapan selamat atas keberhasilan seseorang.

Saat mau keluar rumah orang Jepang mengucapkan ittekimasu. Artinya ‘saya pergi (sekarang)’. Orang yang ditinggalkan membalasnya dengan itterashai yang artinya selamat jalan.

Lalu saat pulang, salam yang diucapkan adalah tadaima. Lengkapnya adalah tadaima kaerimashita yang artinya saya sekarang sudah pulang.

Untuk menyampaikan maaf, dalam konteks ‘permisi’ digunakan kata sumimasen (dalam beberapa situasi kata ini bisa bermakna terimakasih). Sedangkan ucapan maaf karena telah melakukan kesalahan menggunakan kata gomennasai.

Hal yang jarang ditemukan adalah salam perpisahan otsukare sama deshita. Salam ini diucapkan saat meninggalkan tempat kerja atau meninggalkan rekan yang baru saja melakukan kerja bersama, sebagai ungkapan terimakasih karena telah melakukan kerjasama.

dari berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s