Badminton tradisional Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 24

jlmc - hanetsukiHanetsuki adalah permainan tradisional Jepang yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17. Bentuknya mirip olahraga badminton tapi tanpa net. Hanetsuki dimainkan menggunakan papan kayu pipih yang disebut Hagoita. Bola-nya sama, kok, tapi warna warni.

Hanetsuki biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan saat perayaan tahun baru. Permainan dilakukan dalam 2 bentuk, yakni oleh satu orang untuk tetap mempertahankan bola kok tetap tinggi selama mungkin atau oleh 2 orang yang saling bertanding. Pemain yang yang gagal memukul bola kok, akan mendapatkan tanda strip pada wajahnya (seperti orang Indian) dengan mengggunakan tinta hitam. Lalu permainan berlanjut hingga wajah salah seorang pemainnya sudah penuh dengan coretan tinta.

Konon ada kepercayaan, makin lama bola berada di udara, makin besar pula perlindungan yang akan didapat para pemainnya dari nyamuk selama setahun yang akan datang. Hanetsuki tidak sepopuler dulu lagi. Tapi hagoita dengan berbagai hiasan dekoratif dijual diseluruh Jepang. Hagoita sebagai hiasan biasanya mempunyai permukaannya berbentuk timbul dari kerajinan oshie/kurumie. Diperkaya dengan dekorasi kertas washi dan bahan tekstil lainnya. Dewasa ini, karakter dengan dekorasi lebih modern muncul pada Hagoita, seperti profil penyanyi, bintang olahraga, pemain film dan bahkan karakter anime.

Hagoita berhias ini banyak diminati. Pada acara Hagoita-Ichi pada bulan Desember misalnya, masih ramai didatangi pengunjung sekitar 300 ribu orang partisipasi per tahunnya. Tapi fungsi hagoita yang dijual saat festival sudah berbeda. Tak lagi untuk dimainkan, melainkan hanya sebagai hiasan yang biasa disebut dengan Hagoita-kazari. Hagoita ini dipercaya bisa menjadi pembawa keberuntungan.

Mau belajar lebih jauh tentang bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s