Ratna Sari Dewi, Sang Dewi Fujin

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 25

jlmc - naoko nemoto

Sari, Ratna Sari Dewi
Raut wajahmu bersinarbagai pelangi
Sari, Ratna Sari Dewi
Tatap matamu berkilau sinar terang
….

Itulah sepenggal lirik “Ratna Sari Dewi” yang ditulis Ian Antono dan disuarakan oleh Freddy Tamaela. Sebuah dedikasi untuk sang pemilik nama, Ratna Sari Dewi, sang dewi dari negeri Sakura.

Dewi lahir di Tokyo dengan nama Naoko Nemoto (根本七保子), 6 Februari 1940. Saat berumur 19 tahun, dia bertemu dengan Presiden RI, Soekarno, yang sedang dalam kunjungan kenegaraan di Jepang. Dewi saat itu masih seorang pelajar. Pertemuan itu tampaknya telah diatur oleh pengusaha kesohor Jepang, Masao Kubo, yang mengadakan jamuan makan untuk sang tamu negara. Kubo adalah Direktur Utama Tonichi Inc, sebuah bisnis konglomerasi yang mulai mengembangkan sayap bisnis di Asia, termasuk Indonesia. Masau Kubo-lah yang mengajak si jelita Naoko Nemoto, untuk hadir di pertemuan tersebut. Bukan sekedar hadir, namun juga melantunkan lagu keroncong mahakarya Gesang, Bengawan Solo.

Pertemuan tersebut tampaknya memberikan kesan mendalam pada sang presiden. Pada Maret 1962 Sukarno menyunting Naoko Nemoto dan memboyongnya ke tanah air. Presiden pertama RI itu memberinya nama Ratna Sari Dewi Soekarno (ラトナ サリ デヴィ スカルノ Ratona Sari Devi Sukaruno). Ia juga sering disebut sebagai Dewi Fujin (デヴィ 夫人 Devi Fujin) yang secara harfiah artinya “Ibu Dewi” atau “Madame Dewi”.

Setelah berpisah dengan Sukarno, Ratna Sari Dewi kemudian pindah ke berbagai negara di Eropa termasuk Swiss, Perancis, dan Amerika Serikat.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang melingkupinya, nama Ratna Sari Dewi telah menjadi catatan tersendiri dalam hubungan Indonesia-Jepang.

dari berbagai sumber

Mau kenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s