Senjata tradisional Jepang (1)

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 30
Kalau Anda penyuka film Jepang pasti menyimak jenis senjata yang mereka gunakan pada adegan-adegan pertempuran. Inilah di antaranya, senjata-senjata tradisional Jepang yang banyak kita kenal lewat film dan komik.
jlmc - senjata jepang 1

Katana merupakan pedang satu mata, melengkung dan khusus secara tradisi digunakan oleh samurai Jepang.
Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shoto. Bentuknya mirip tapi dibuat lebih pendek, keduanya dipakai oleh anggota kelas satria.

脇差
Wakizashi adalah pedang Jepang tradisional dengan panjang mata bilah antara 30 dan 60 sentimeter (antara 12 hingga 24 inci). Serupa tetapi lebih pendek bila dibandingkan dengan Katana yang sering dikenakan bersama-sama. Wakizashi tetap digunakan, ketika katana harus ditanggalkan. Misalnya saat memasuki bangunan suci atau istana.

なぎなた
Naginata adalah senjata kelas tombak yang secara tradisional digunakan di Jepang oleh para anggota Samurai. Sebuah naginata terdiri dari pegangan tongkat kayu dan golok melengkung pada ujungnya. Senjata ini sama dengan yang dipegang oleh Guan Yu dalam sejarah china. Ilmu beladiri yang menggunakan naginata disebut naginata-jutsu.

かま
Kama adalah senjata tradisional yang berasal dari Okinawa. Kama pada awalnya digunakan untuk pertanian. Penggunaannya sepasang. Senjata ini merupakan salah satu senjata utama ninja, dengan ujung dipasangi gada/rantai (disebut kusari-gama).

bersambung

dari berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s