Tashirojima, si pulau kucing

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 34

jlmc - pulau kucing tashirojimaOrang banyak menyebutnya Pulau Kucing. Nama sebenarnya Tashirojima, sebuah pulau kecil di Kota Ishinomaki, Prefektur Miyagi, Jepang. Pulau ini dikenal sebagai pulau kucing karena populasi kucing yang bahkan melebihi jumlah manusia. Meski demikian hidup mereka terjamin karena masyarakat setempat percaya bahwa memberi makan kucing akan membawa kekayaan dan keberuntungan. Sebuah kuil kucing bernama Neko Jinja dibangun di tengah pulau. Sementara di perfektur Miyagi sendiri terdapat sekitar 10 kuil kucing.

Keberadaan kucing di pulau ini sendiri diduga sudah sangat lama. Penduduk Pulau Tashirojima awalnya beternak ulat sutra. Mereka sengaja memelihara kucing untuk mengendalikan populasi tikus sebagai predator alami ulat sutera. Setelah periode Edo dan datangnya nelayan dari daerah lain, menjaring ikan menjadi pekerjaan yang lebih populer. Populasi kucing pun semakin meningkat. Seiring waktu, para nelayan mulai menyukai dan memperhatikan kebiasaan kucing. Dari binatang kaki empat ini para nelayan juga belajar menafsirkan tingkah laku kucing sebagai prediksi pola cuaca dan keberadaan ikan.

Namun banyak yang mengkhawatirkan Tashirojima tak bisa meneruskan tradisi ini, mengingat keterbatasan penghuni manusianya. Tercatat ada sekitar 100 penduduk saja di pulai ini. Kebanyakan dari mereka juga sudah lanjut usia. Diduga lebih dari 50 persen populasi manusia di pulau ini berusia lebih dari 65 tahun. Sehingga dikhawatirkan kelangsungan hidup pulau ini terancam.

Tapi sejauh ini Pulau Tashirojima menjadi salah satu pulau tujuan wisata di Jepang.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

3 pemikiran pada “Tashirojima, si pulau kucing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s