Tsukiji, pasar ikan di Jepang terbesar dunia

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 38

Dimanakah pasar ikan terbesar di dunia? Tak salah lagi: Jepang!

jlmc - pasar ikan jepangTsukiji Fish Market atau pasar ikan Tsukiji adalah pasar ikan terbesar di dunia. Pasar ini terletak di Tsukiji, Tokyo. Persisnya di dekat Stasiun Tsukijishijo di Toei Oedo Line dan Stasiun Tsukiji di Tokyo Metro Hibiya Line. Pasar ikan ini merupakan pusat penyetoran ikan hasil melaut serta hasil pertanian. Setiap harinya terkumpul tak kurang dari 2.800 ton dari 450 jenis ikan dari berbagai nelayan seluruh Jepang (bahkan konon seluruh dunia). Inilah yang kemudian membuat pelelangan ikan Tsukiji dinobatkan sebagai pusat grosir ikan dan seafood terbesar di dunia.

Ada dua bagian yang berbeda dari Pasar Tsukiji secara keseluruhan, yaitu ‘pasar dalam’ (jonai shijo) dan ‘pasar luar’ (jogai shijo). Pasar Dalam adalah pasar grosir berlisensi. Merupakan tempat lelang dan tempat pengolahan ikan. Di tempat pelelangan ini dilakukan pengontrolan mutu dan penyiapan produk-produk yang masuk untuk dijual. Pembeli (berlisensi) yang berpartisipasi dalam lelang juga memeriksa ikan untuk memperkirakan ikan yang ingin mereka beli dengan harga yang sesuai. Sementara Pasar Luar adalah campuran toko grosir dan eceran yang menjual berbagai kebutuhan dapur di Jepang, persediaan restoran, dan bahan makanan dari laut. Terdapat banyak restoran di sini, terutama restoran sushi.

Suasana hiruk-pikuk mulai tengah malam hingga pagi menjadi pemandangan sehari-hari kecuali Rabu dan Sabtu yang memang menjadi hari libur. Kondisi Tsukiji Fish Market bebas bau, kecuali bau amis ikan yang justru menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jadi, kalau ada rencana berkelana ke Jepang, jangan lupa agendakan kunjungan ke Tsukiji Fish Market 🙂

dari berbagai sumber
foto: google

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s