Samurai

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 45

jlmc - samuraiSamurai merupakan sosok yang identik dengan Jepang yang sangat terkenal. Sebutan samurai ini ditujukan untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Istilah ini muncul sebelum zaman Heian di Jepang, yakni saat seorang suruhan atau pengikut disebut sebagai saburai. Baru pada awal zaman modern, khususnya pada era Azuchi-Momoyama dan awal era Edo pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17, istilah saburai diganti dengan samurai. Artinya ‘orang yang mengabdi’.

Pada masa Keshogunan Tokugawa samurai berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka hingga terakhir samurai tak lebih dari kaki tangan daimyo. Restorasi Meiji pada akhir abad ke-19, kemudian meniadakan fungsi samurai dan menggantikannya dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Namun sifat samurai yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

Dalam sejarah militer Jepang, selain samurai yang mengabdi pada damyo, terdapat kelompok samurai yang tidak terikat kepada atasan. Mereka dikenal sebagai ronin. Ronin ini sudah ada sejak zaman Muromachi (1392). Ada beberapa alasan seorang samurai menjadi ronin. Seorang samurai dapat mengundurkan diri dari tugasnya, lalu menjalani hidup sebagai ronin. Ronin juga bisa berasal dari garis keturunan; anak seorang ronin secara otomatis akan menjadi ronin. Jumlah ronin makin meningkat pada berakhirnya perang Sekigahara (1600). Perang ini mengakibatkan jatuhnya kaum daimyo yang mengakibatkan para samurai kehilangan majikannya. Istilah ronin semakin eksis sebagai samurai tak bertuan pada zaman Edo (1603–1867).

berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s