Menikmati air panas di Onsen

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 46

jlmc - pemandian air panas

Jepang memiliki banyak gunung berapi. Karenanya di seluruh Jepang banyak dijumpai sumber air panas alami, seperti yang kita temukan di Ciater, Ciwidey, dan Garut. Tempat pemandian air panas ini dalam bahasa Jepang disebut onsen. Onsen adalah salah satu jenis wisata yang disukai orang Jepang.

Ada perbedaan pemandian air panas di Indonesia dan Jepang, baik dalam hal pengolahannya maupun pemanfaatannya serta cara menikmatinya. Di kita permandian air panas mengandalkan sumber air panas yang muncul ke permukaan tanah. Sedangkan di Jepang dilakukan penggalian serupa sumur bor, dialirkan dari perut bumi ke permukaan tanah. Dengan cara ini onsen bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Jepang.

Cara menikmati onsen ada dua macam. Onsen yang hanya menyediakan hanya tempat berendam (ofuro) saja, ada juga yang menyediakan fasilitas menginap, berupa hotel tradisional (ryokan).

Ofuro berupa kolam rendam besar. Sebagian di dalam ruangan, ada bagian lain yang terletak di alam terbuka. Jadi pengunjung bisa menikmati berendam sambil menikmati pemandangan. Namanya rotenburo.

Bagi orang Jepang ofuro adalah tempat bersih. Sebelum masuk ofura, pengunjung harus membersihkan diri di kamar mandi yang disediakan. Pakaian dalam juga dianggap pembawa kotoran. Karena itu masuk ofuro biasanya dalam keadaan telanjang. Pengunjung hanya boleh membawa handuk kecil untuk menyeka tubuh atau menggosok punggung.

Ofuro umumnya digunakan bersama, tanpa tanpa pembatas apapun. Tentu saja ofuro untuk laki-laki dan perempuan dipisah meski ada juga ofuro yang tidak memisahkan laki-laki dan perempuan. Selain itu ada kazokuburo, yaitu ofuro untuk keluarga.

Bagi orang dari luar Jepang aturan-aturan itu mungkin bikin jengah. Tapi tampaknya yang mau melancong ke Jepang musti siap-siap beradaptasi dengan aturan tersebut. Kalau ingin menikmati air panas di onsen sambil menikmati pengunungan Jepang dan aneka makanan-minuman khas negeri sakura.

sumber: budayajepang.wordpress

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s