Ubi di Jepang (Selamat menjalankan ibadah puasa yaaaaa…)

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 47

jlmc - ubi di jepangDi kita, terutama wilayah Jawa Barat, sudah sangat familiar dengan ubi Cilembu. Apalagi pada jelang puasa seperti sekarang. Pada beberapa lokasi bisa dengan mudah kita jumpai pedagang ubi Cilembu berjajar di pinggir jalan. Ternyata kondisi ini mirip dengan yang terjadi di Jepang.

Pada musim dingin di Jepang penjual yaki-imo atau ubi panggang bertebaran di seantero Jepang. Para pedagang biasanya menggunakan mobil bak terbuka. Ubi dipanggang perlahan di atas batu kerikil bersuhu sekitar 70 ºC. Hasilnya rasa manis yang melekat.

Ubi panggang ini sudah sejak lama menjadi tradisi di Jepang. Pada zaman Edo (1603-1867), Jepang pernah mengalami kondisi kelaparan besar-besaran yang merenggut lebih dari 10 ribu nyawa. Namun di Kyushu, tidak ada penduduk yang meninggal akibat kelaparan karena mereka menanam ubi. Sejak peristiwa itu ubi mulai ditanam di daerah lainnya, termasuk di Edo (Tokyo sekarang). Upaya ini membantu mencegah terjadinya kelaparan.

Ubi panggang menjadi populer pada sekitar musim dingin. Selain rasanya yang lezat, ubi juga bernutrisi serta serba guna. Ubi ini dapat dimasak menjadi Kinton, makanan ringan ala Jepang. Anak-anak di Jepang menyukai es krim atau roti berbahan ubi. Pada musim gugur biasanya siswa taman kanak-kanak di Jepang diajak bertamasya di alam yang kegiatannya di antaranya menggali ubi!

sumber: nhk

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

3 pemikiran pada “Ubi di Jepang (Selamat menjalankan ibadah puasa yaaaaa…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s