Pembelajar Bahasa Jepang di Indonesia nomor dua di dunia

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 51

Dalam tiga tahun terakhir terjadi peningkatan drastis dari jumlah pembelajar Bahasa Jepang di Indonesia. Terjadinya peningkatan itu disinyalir karena revisi kurikulum sekolah menengah atas yang menjadikan bahasa Jepang sebagai salah satu bahasa kedua di sekolah.

Survey ini dilakukan Japan Foundation (JF) terhadap 870 ribu orang yang dipilih secara acak dan dilakukan tiga tahun sekali. Hasil ini dirilis pada 8 Juli lalu setelah melakukan survey dari Juli 2012 hingga Maret 2013.

Indonesia naik peringkat dari 3 menjadi 2. Sedangkan Cina yang sebelumnya berada di peringkat 2 naik menjadi pembelajar bahasa Jepang terbanyak di dunia. Namun menurut Direktur JF, Ogawa Tadashi, jika survey hanya  dilakukan terhadap siswa tingkat sekolah menengah atas, Indonesia bisa menjadi yang terbanya. Yang mengkhawatirkan menurut Tadashi adalah peningkatan jumlah peminat tidak dibarengi dengan peningkatan jumlah guru dengan kompetensi yang memadai. “Kita jangan senang dulu dengan kondisi ini. Karena peningkatan ini berpeluang menimbulkan masalah. Selain kurangnya bahan ajar juga masih diperlukan pengembangan buku ajar dan metode baru pengajaran,” ungkapnya.

jlmc - jakarta shimbun siswa kursusJawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah pembelajar terbanyak (225.566), diikuti Jawa Timur (138.431), dan Jawa Tengah (80.416).

sumber: Jakarta Shimbun

Mau bisa dan lebih mahir berbahasa Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s