Sakichi Toyoda, bapak revolusi industri Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 53

jlmc - sakichi toyodaBarangkali tak banyak yang tahu kalau Toyota Motor lahir dari sebuah pabrik tenun. Tapi demikian adanya. Lewat daya pikir inovatif dan kerja keras Sakichi Toyoda, perusahaan ini berkembang sedemikian besar.

Sakichi Toyoda lahir dari keluarga tukang kayu miskin di Kosai, Shizuoka, pada 14 Februari 1867. Pada awalnya Toyoda menciptakan berbagai perangkat tenun. Penemuan yang paling terkenal adalah kekuatan otomatis tenun di mana ia menerapkan prinsip Jidoka (otonom otomatisasi). Prinsip Jidoka, yang berarti bahwa mesin berhenti sendiri bila masalah terjadi, kemudian menjadi bagian dari Toyota Production System.

Toyota Motor Corporation didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyota. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini. Sementara hak paten mesin tekstil otomatisnya kemudian dijual kepada Platt Brothers & Co, Ltd. dari Inggris, Britania Raya. Dan hasilnya dijadikan modal pengembangan divisi otomotif.

Berangkat dari industri tekstil inilah Toyota menancapkan diri sebagai salah satu pabrikan otomotif yang cukup terkemuka di seluruh dunia. Pabrikan terbesar di Jepang ini menghasilkan 5,5 juta unit mobil di seluruh dunia. Jika dihitung, angka ini ekuivalen dengan memproduksi 1 unit mobil dalam 6 detik. Penamaan Toyota lebih karena penyebutannya lebih enak daripada memakai nama keluarga pendirinya, Toyoda. Inilah beberapa tonggak menarik perjalanan Toyota.

Dalam perkembangannya divisi otomotif ini tak lagi dipegang Toyoda, tapi dikendalikan anaknya, Kiichiro Toyoda. Sang pendiri, Sakichi Toyoda yang juga disebut-sebut sebagai bapak revolusi industri Jepang meninggal dunia pada 30 Oktober 1930. Namun ia telah mewariskan semangat inovasi tanpa henti. Generasinya telah menjaga Toyota untuk terus mengembangkan diri sebagai penghasil kendaraan tangguh. Melewati puluhan dekade, Toyota berhasil membuktikan diri. Sebuah kerja keras telah mengibarkan Jepang sebagai negeri penghasil industri otomotif terkemuka dunia.

berbagai sumber
Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s