Gunung Fuji (富士山)

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 55

jlmc - fujisanGunung Fuji (di Jepang biasa disebut Fuji-san, bukan Fujiyama seperti pernah dilagukan oleh penyanyi kita) adalah gunung tertinggi di Jepang (3.376 m). Fuji terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo; berada dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu.

Gunung Fuji diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sebagai gunung berapi aktif, Fuji tercatat sebagai gunung yang perlu diwaspadai meski kemungkinan letusan dianggap rendah. Fuji terakhir meletus pada tahun 1707.

Selain menjadi objek karya seni, Fuji juga menjadi salah satu tujuan pendaki. Dikabarkan sekitar 200 hingga 300 ribu orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, dan 30 persen di antaranya adalah orang asing. Waktu pendakian yang dipilih adalah bulan Juli dan Agustus. Pada kurun waktu ini sebetulnya Gunung Fuji hampir selalu diselimuti salju. Puncak Gunung Fuji disebut sebagai salah satu yang paling berbahaya di Jepang selama di luar musim pendakian karena lerengnya yang curam dan hembusan angin yang kuat. Namun tampaknya itulah tantangan bagi para pedaki. Biasanya, secara bertahap, para pendaki mulai memenuhi puncak pada pukul 3 pagi. Tujuannya adalah mencapai puncak tepat padasaat matahari terbit di Samudera Pasifik.

Setelah dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia (World Heritage) UNESCO dalam penghargaan atas statusnya sebagai simbol Jepang, Gunung Fuji makin banyak dikunjungi wisatawan. Tampak pada gambar, para biksu Buddha Jepang mengadakan upacara pembukaan musim pendakian resmi Gunung Fuji di kuil Murayama Sengen di Fujinomiya, Shizuoka.

beberapa sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s