Mengenal Mangaka Osamu Tezuka

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 56

Masih ingat tokoh Atom Boy atau Astro Boy? Menyebut tokoh yang mendunia itu, mau tak mau mengajak kita berpaling pada penciptanya: Osamu Tezuka.

jlmc - osamu tezuka

Tetsuwan Atom atau Atom Boy atau Astro Boy merupakan karya Tezuka yang paling terkenal. Ia membuat cerita tersebut pada kisaran tahun 1952-1968. Padahal sebelumnya, sejumlah karya lain sudah ia hasilkan. Pria kelahiran 3 November 1928 ini sudah berkarya sejak umur belasan. Karya pertamanya yang dipublikasikan media adalah Diary of Ma-chan, berbentuk komik empat panel yang diterbitkan di surat kabar pada tahun 1946. Setahun berikutnya ia menangguk popularitas di Jepang untuk karyanya Shin Takarajima (Pulau Harta Karun Baru). Tahun-tahun selanjutnya dia tak henti meluncurkan karya-karyanya hingga Astro Boy mendapat tempat di hati pecinta komik dunia.

Osamu Tezuka lahir di Prefektur Osaka, Jepang. Ia adalah sosok yang bisa dijadikan contoh tentang membuat pilihan pekerjaan yang menurutkan hati. Bagaimana tidak? Ia adalah seorang dokter. Tapi kecintaannya terhadap dunia gambar membuat dia meninggalkan profesinya. Keputusannya tidak salah. Karya-karyanya mengalir deras. Tak heran kalau kemudian Tezuka sering disebut sebagai ‘bapak manga’. Dia dianggap pionir dalam teknik dan genre-genre manga. Gaya ‘mata besar’ yang sering ditemukan dalam tokoh-tokoh manga adalah hasil ciptaan Tezuka, sejalan dengan tren yang bekibar pada masa itu seperti Betty Boop dan Mickey Mouse.

Sepanjang karirnya Tezuka telah menghasilkan lebih dari 700 manga dalam sekitar 170.000 halaman. Ia juga mendirikan studio animasi Mushi Pro, yang merupakan pionir animasi TV di Jepang. Karya terakhir Tezuka yang rampung adalah Adolf (1983-1985) sebelum ia meninggal dunia pada usianya yang ke-60. Namun karyanya yang lain, proyek Tezuka yang paling ambisius: Hi no Tori/Phoenix (1956-1989) tak terselesaikan.

sumber: wiki

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s