Liburan sekolah di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 57

jlmc - kegiatan libur siswa jepang

salah satu contoh kegiatan penelitian sains yang dilakukan siswa pada saat liburan

Di Jepang, terdapat dua libur besar anak-anak sekolah. Akhir Februari sampai akhir Maret (libur musim dingin) serta musim panas (Agustus-September). Saat ini para siswa sekolah tengah mempersiapkan libur musim panas.

Libur musim panas terhitung panjang. Biasanya sudah dimulai pada akhir Juli hingga awal Oktober. Tapi sebetulnya nyaris tak ada libur bagi anak sekolah di Jepang. Kenapa? Sejak hari belajar dikurangi menjadi 5 hari per pekan, pemerintah mewajibkan guru untuk memberikan aktivitas tambahan buat murid selama musim panas. Anak-anak sekolah baik di tingkat SD, SMP dan SMA dibebani PR yang cukup banyak. Sesekali mereka juga harus datang ke sekolah untuk berdiskusi dengan guru atau mengumpulkan PR-nya. Anak-anak SMA kelas 3 setiap hari tetap masuk untuk bimbingan belajar plus melakukan bukatsudo (klub olahraga atau seni).

Karena siswa masuk, maka guru pun harus masuk. Dan tidak tanggung-tanggung, bukan hanya wali kelas yang wajib hadir atau guru yang memberikan tugas yang harus hadir, tapi semua guru termasuk kepala sekolah. Jadi bisa dikatakan tidak ada hari libur yang mutlak bagi para guru dan pejabat sekolah.

Di Jepang tampaknya anak-anak diminta untuk selalu berpikir, bahkan di saat libur sekalipun. Demikian pula dengan mahasiswa tingkat akhir, tidak boleh berhenti menulis. Sengatan panas bukan alasan untuk berhenti berpikir.

Beda ya dengan di kita..

gambar: salah satu contoh kegiatan siswa berupa penelitian sains yang dilakukan saat libur
sumber: benkyoushimasou

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s