Eiji Yoshikawa, penulis terpopuler Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 59

jlmc - eiji yoshikawa

Nama aslinya Hidetsugu Yoshikawa. Ia lahir dari sebuah keluarga samurai miskin, pada tahun 1892 di dekat Tokyo. Kesulitan keuangan dalam keluarganya menyebabkan Yoshikawa terpaksa berhenti sekolah di bangku sekolah dasar. Ia lalu bekerja macam-macam untuk membiayai hidup, termasuk bekerja di galangan kapal. Usia 19 tahun ia pindah ke Tokyo dan mulai menulis senryu atau haiku lucu.

Pada akhirnya ia berhasil menembus media dan menjadi reporter di Maonichi Shimbun. Dua tahun setelahnya ia memutuskan diri untuk menjadi novelis profesional. Berbagai jenis novel ditulisnya, baik yang bergenre humor, thriller, maupun roman. Tidak jarang ia menulis sekaligus tiga novel. Semuanya ditulis menetapkan Eiji sebagai nama samarannya.

Sejak tahun 1930, terjadi perubahan pada gaya penulisannya. Ia mengekspresikan pandangan-pandangan zamannya dengan seting masa lampau atau sejarah. Selama perang dengan Cina, ia menulis laporan-laporan perjalanan. Dan sementara itu ia menyelesaikan terjemahan dan adaptasi kisah populer Cina “Kisah tentang Tiga Kerajaan”.  Di Indonesia, pada awalnya, Eiji dikenal hanya lewat Musashi dan Taiko. Namun dengan banyaknya peminat, karya-karyanya yang lain pun dipublikasikan dalam versi Bahasa Indonesia seperti Heike Story, Taira No Masakado, dan Shin Suikoden.

Yoshikawa meninggal dunia tahun 1962. Namanya telah tercatat sebagai novelis terkenal dan paling disukai di Jepang.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s