Masjid Kobe, saksi hidup PD II (Selamat Idul Fitri 1434 H)

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 61

jlmc - masjid kobe

Masjid Kobe berdiri kokoh dan anggun di antara bangunan lain di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kobe. Masjid ini tercatat sebagai masjid yang pertama dibangun di Jepang.

Masjid Kobe dibangun pada tahun 1928 untuk memenuhi kebutuhan beribadat para pedagang Muslim yang berasal dari India dan Timur Tengah. Para pedagang tersebut mulai memasuki Kobe sekitar awal abad 19. Mereka biasa melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di rumah-rumah atau aula hotel. Pada tahun 1920-an, jumlah komunitas muslim di Kobe kian meningkat hingga mereka memutuskan untuk membangun sebuah masjid.

Beberapa referensi menyebutkan bahwa perancang Masjid Muslim Kobe adalah seorang arsitek asal Ceko bernama Jan Josef Svagr. Ia telah merancang banyak bangunan bergaya Barat di Jepang. Pada masjid ini, Svagr merancang gaya Turki tradisional.

Masjid Kobe terlihat istimewa dengan bentuk bangunannya yang unik di tengah masyarakat Jepang yang sebagian besarnya menganut Buddha. Hal istimewa lainnya adalah Masjid Kobe ini menjadi saksi korban keganasan perang dunia II. Serangan itu mengakibatkan Kobe luluh lantak. Yang menarik, Masjid Kobe tetap berdiri tegak. Kerusakan hanya tampak pada dinding luar, yang menghitam karena asap bom dan kaca jendela yang pecah.

Ketahanan Masjid Kobe diuji untuk kedua kalinya pada 17 Januari 1995. Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter bernama Gempa Hanshin-Awaji mengguncang Kobe. Kota inipun kembali hancur. Gempa Hanshin-Awaji merupakan gempa bumi terburuk di Jepang sejak gempa bumi besar Kanto 1923 yang menelan korban jiwa 140.000 orang. Namun Masjid Kobe tetap berdiri kokoh. Hingga sekarang.

berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s