Perayaan Obon di Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 62

jlmc - obonHari-hari ini kita sibuk dengan aktivitas ‘mudik’ dan ‘balik’ yang menjadi tradisi pada setiap Idul Fitri. Hal yang sama terjadi di Jepang. Berbondong-bondong warga kota pulang ke kampung halamannya. Tentunya untuk alasan yang berbeda.

Pada setiap pertengahan Agustus di Jepang berlangsung Perayaan Obon. Perayaan ini dilangsungkan untuk mengingat dan menghormati leluhur yang sudah meninggal. Pada masa ini dipercaya para roh leluhur turun ke bumi untuk melihat keluarga dan keturunannya yang masih hidup. Perayaan ini sebetulnya merupakan tradisi Agama Buddha di Jepang. Meski saat ini warga Jepang tak semuanya memeluk Buddha, dan Shinto sebagai agama leluhur mereka, tapi perayaan yang berhubungan dengan kepercayaan dan agama leluhur ini masih dirayakan setiap tahun. Bahkan Obon juga tidak hanya dirayakan warga Jepang, tapi juga oleh orang Jepang yang tinggal di luar negeri.

Obon berlangsung selama 3 hari dan di Jepang. Lampu sejenis lampion dipasang di depan rumah. Ini sebagai tanda atau penunjuk arah bagi roh leluhur yang akan berkunjung. Saat perayaan selesai, lampion akan diapungkan di sungai, danau, dan laut yang dimaksudkan sebagai penunjuk arah untuk mempermudah roh leluhur kembali ke alam mereka.

Sama seperti kebiasaan ziarah kubur yang dilakukan saat Idul Fitri, pada saat Obon pun orang Jepang mengunjungi makam keluarga mereka yang sudah meninggal, membersihkan makam dan mendoakan arwah keluarga yang sudah meninggal.

sumber: kompasiana

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s