Aneka cemilan Jepang (2)

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 72

Mencari cemilan teman ngopi? Aneka cemilan khas Jepang ini mungkin bisa jadi alternatif.

jlmc - cemilan jepang21. DANGO:
Kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Kushidango adalah sebutan untuk 3-5 butiran Dango yang ditusuk dengan tusukan (kushi) dari bambu. Kushidango biasanya disiram dengan saus yang terdiri dari dua rasa yaitu manis-asin dan kecap asin. Ushidango juga biasanya dioleskan atau diberi taburan selai kacang merah, bubuk kacang kedelai dan gula pasir, selai kacang kedelai muda, selai kacang walnut, wijen, dan gula pasir.

2. OKONOMIYAKI:
Okonomiyaki adalah salah satu jajanan khas Jepang yang terbuat dari bahan terigu diencerkan menggunaan dashi, ditambah kol, telur ayam (sekilas tampak seperti dadar telur), makanan laut atau daging (bisa gurita, ikan, dll) lalu digoreng di atas penggorengan datar atau teppan. Toping okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera kita.

3. MOCHI:
Mochi terbuat dari beras ketan ditumbuk hingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat dan diisi pasta kacang merah. Pembuatan Mochi biasanya masih menggunakan alat tradisional yang namanya Kine (palu kayu) dan Usu. Kalo di Indonesia mirip lesung dan penumbuknya.

4. SENBEI:
Makanan ringan khas Jepang yang terbuat dari tepung beras atau tepung serealia yang lain. Senbei bisa dibentuk bundar, persegi, atau persegi panjang pipih. Dimasak dengan cara dipanggang hingga warna kuning keemasan. Mirip kerupuk.

5. MELONPAN:
Melonpan atau dikenal sebagai panci melon, adalah roti. Roti manis ini produk dari Jepang tetapi juga populer di Cina dan Taiwan. Penampilan Melonpan menyerupai Melon (semangka). Melonpan tidak hanya rasa melon tapi biasanya ditambahkan chocolate chips sebagai variasi. Tambahan lainnya adalah aneka rasa, seperti rasa aramel, maple sirup, coklat, atau rasa lain.

Selamat ngopiiiii  🙂

Aneka cemilan Jepang yang lain…

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s