Sayonara, Aoki san!

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 81

“Indonesia banyak sekali berubah,” kata Aoki-san (Ny. Aoki Sumio) saat ditanya tentang kesannya terhadap Indonesia.

jlmc - aoki sensei dan sensei jlmc

Aoki-san berfoto bersama para sensei JLMC di Kawah Putih-Ciwidey

Aoki-san bersama suaminya, Aoki Sumio, pernah tinggal di Jakarta, 25 tahun lalu. Saat itu Aoki Sumio melakukan kunjungan ke Indonesia dalam kapasitasnya sebagai peneliti JICA. Kembali ke Jepang ia menjadi pengajar di Jurusan Hubungan Internasional Chubu Daigaku (Chubu University).  Sedangkan Ibu Aoki berprofesi sebagai pengajar lepas Bahasa Jepang.

Pada beberapa tahun terakhir Profesor Aoki melakukan penelitian sosio-culture untuk wilayah Afrika  dan Asia Tenggara. Termasuk di antaranya Indonesia. Maka ia kembali datang ke Indonesia untuk mengumpulkan bahan bagi buku yang akan ditulisnya.

Sementara suaminya tinggal di Jakarta untuk kepentingan penelitian, Ny. Aoki memilih tinggal di Bandung. Aoki san menjadikan kesempatan ini untuk bernostalgia. Hal yang sangat mencolok menurutnya adalah menjamurnya jumlah mall dan supermaket. “Dulu sepi. Yang banyak becak. Sekarang ramai sekali. Banyak gedung tinggi. Sebelum ke Bandung suami saya juga berpesan kalau mau belanja kopi di Jakarta aja, susah cari di Bandung,” ujar Aoki-san dalam Bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Terlepas dari ‘berantakannya’ Kota Bandung, Aoki-san mengaku menikmati tinggal di Kota Bandung. Ia juga tak ‘sulit’ dengan makanan Bandung. Siska sensei -pengajar JLMC yang rumahnya menjadi homestay Aoki san- mengatakan bahkan Aoki-san suka sekali masakan Sunda. Selama 3 minggu tinggal di Bandung Aoki sudah mencoba aneka makanan. Ia paling suka gado-gado.

Ditanya komentarnya tentang JLMC, Aoki-san mengaku senang melihat hubungan antar staf JLMC yang seperti keluarga. Ia juga senang dilibatkan sebagai pengajar tamu. Apalagi para siswanya juga lumayan aktif.

Rabu lalu Aoki-san bertolak ke Jepang, pulang ke rumahnya di Nagoya.

Sayonara, Aoki-san!

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s