Kintaro, bocah sakti dari Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 87

Tiap negara biasanya memiliki cerita rakyat tentang sosok pahlawan. Di Jepang ada Kintaro.

jlmc - kintaroKintaro ini adalah tokoh cerita rakyat Jepang yakni seorang anak laki-laki bertenaga superkuat. Ia digambarkan mengenakan rompi merah bertuliskan aksara kanji. Di tangannya, Kintaro membawa kapak atau disebut masakari yang disandarkan ke bahu. Kadang ia
juga digambarkan sedang menunggang beruang. Selain itu, Kintaro sering muncul dalam gambar sedang menunggang ikan koi pada koinobori.

Cerita Kintaro konon berasal dari kisah masa kecil seorang samurai bernama Sakata Kintoki dari jaman Heian. Menurut legenda, ibunya adalah seorang Yama-uba atau wanita dari gunung, yang hamil akibat perbuatan dewa petir, Raijin. Kisah lain mengatakan, ibunya melahirkan bayi Kintaro dari hasil hubungannya dengan seekor naga merah.

Sementara catatan di Kuil Kintaro di kota Oyama, Shizuoka menyebutkan Kintaro lahir pada bulan 5 tahun 965. Ibunya bernama Yaegiri, putri dari ahli ukir bernama Jūbei yang bekerja di Kyoto. Kintaro adalah anaknya dengan pekerja istana bernama Sakata Kurando. Setelah mengandung, Yaegiri pulang ke kampung halaman untuk melahirkan Kintaro. Namun setelah itu, Yaegiri tidak lagi kembali ke Kyoto karena ayah Kintaro sudah meninggal dunia. Kintaro besar tanpa ayah di kampung halamannya di Gunung Ashigara. Ia tumbuh jadi anak yang kuat, namun ramah dan berbakti kepada ibunya. Setelah besar, Kintaro bergulat sumo melawan beruang di Gunung Ashigara. Kintaro bertemu dengan Minamoto no Yorimitsu di puncak Gunung Ashigara pada 28 April 976. Melihat kekuatan Kintaro, Yorimitsu menjadikannya sebagai pengikut. Minamoto no Yorimitsu meminta Kintaro mengganti namanya menjadi Sakata Kintoki.

Belum diketahui persis tentang kebenaran cerita tersebut. Namun yang jelas, cerita Kintaro dikaitkan dengan perayaan hari anak laki-laki di Jepang. Kintaro juga dijadikan tema boneka bulan lima yang disebut juga gogatsu ningyō pada perayaan Hari Anak-anak.
Orang tua yang memajang boneka Kintaro berharap anak laki-lakinya tumbuh sehat, kuat, dan berani seperti Kintaro.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s