Jimmu Emperor, kaisar pertama Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 88

Kisah permulaan sejarah Jepang ditulis dalam kitab Kojiki (catatan soal-soal kuno) dalam tahun 712 dan Kitab Nihongi atau Nihon Shoki (kronik Jepang Kuno) dalam tahun 720. Di dalam kitab Nihongi dijelaskan mengenai mitologi penciptaan kepulauan Jepang yang semula dikenal dengan nama ‘Oyashima’. Pemerintahan yang ada disebutkan sebagai warisan dari dewa Amaterasu Omokami (Dewa Matahari).

jlmc - jimmu emperorAmaterasi Omikami mewariskan kepada cucunya yakni Ninigi dan dari Ninigi tahta diserahkan kepada cicitnya, Jimmu Tenno. Jimmu inilah yang kemudian diobatkan sebagai kaisar pertama. Bersamaan dengan penyerahan tahta kekaisaran, Ninigi juga menyerahkan 3 pusaka kepada Jimmu Tenno sebagai lambang kekuasaan/ pusaka kaisar yang berupa: kalung batu permata, pedang, dan cermin.

Kekaisaran Yamato diperkirakan berdiri sekitar abad ke-3 hingga 4 Masehi, dan sejarawan memperkirakan Kaisar Jimmu tidak berasal dari sebelum Masehi. Walau demikian, tradisi di luar bidang ilmu menetapkan Kaisar Jimmu naik tahta di tahun 660 SM dan berkuasa selama 75 tahun sebelum meninggal dunia di usia 126 tahun pada 585 SM.

Tanggal Kaisar Jimmu naik tahta (11 Februari) sekarang diperingati sebagai Hari Pembentukan Negara dan sebelum Perang Dunia II peringatan ini disebut Kigensetsu (hari Kaisar Jimmu naik tahta).

berbagai sumber

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s