Shogi, catur Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 93

jlmc - shogi

Shogi adalah catur Jepang. Tak jauh beda dengan catur pada umumnya, shogi menggunakan papan untuk bermain dengan buah catur di atasnya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Shogi diperkirakan berasal dari permainan India kuno yang disebut chaturanga, sekelompok dengan catur, janggi dari Korea, dan xiangqi dari Cina. Hal khusus yang membedakan shogi dari catur adalah sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap. Walaupun sudah naik pangkat, buah yang tertangkap akan kembali ke pangkat semula. Buah lawan yang tertangkap menjadi milik pihak yang menangkap, dan dapat diletakkan kembali di atas papan untuk memerangi mantan majikan.

Papan berstrategi ala Jepang ini tidak dibedakan dengan tanda atau warna. Sedangkan buahnya berbentuk segi lima dengan ujung lancip di bagian depan yang dipakai untuk membedakan lawan atau kawan. Bagian depan yang berujung lancip diletakkan menghadap ke arah wilayah lawan. Buah pion sering dibuat lebih kecil. Buah shogi pun tidak berwarna. Hanya tertulis aksara kanji di atas permukaan buah permainan. Selain buah raja dan jenderal emas, setiap buah shogi memiliki dua pangkat yang berbeda di kedua belah sisi.

Setiap pemain diberi satu set buah shogi berisi 20 buah. Sebagian dari pangkat setara dengan pangkat dalam catur (benteng, kuda, gajah, pion), namun shogi tidak memiliki ratu (queen). Berikut ini adalah delapan jenis buah shogi, dari urutan yang terkuat hingga terlemah:

    1 raja (玉将 gyakushō atau ōshō)

    1 benteng (飛車 hisha)

    1 menteri (角行 kakugyō)

    2 jenderal emas (金将 kinshō)

    2 jenderal perak (銀将 ginshō)

    2 ksatria/kuda (桂馬 keima)

    2 tombak (香車 kyōsha)

    9 pion/prajurit (歩兵 fuhyō)

Nama-nama di atas bukan terjemahan resmi, melainkan terjemahan harfiah dengan nama yang setara dengan nama buah catur internasional.

Pada sisi kanan masing-masing pemain terdapat tempat buah shogi (komadai) untuk meletakkan buah lawan yang sudah ditangkap.

sumber: wikipedia

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s