Washi Ningyou, boneka kertas Jepang

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 96

jlmc - tutorial washi ningyouWashi ningyou berasal dari kanji Wa (和) yang berarti Jepang, dan Shi (紙), yaitu kertas. Sedangkan Nin (人) berarti orang, dan Gyou (形) adalah bentuk. Jadi jika disatukan Washi ningyo berarti bentuk orang dari kertas. Washi nigyou bisa dibuat dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Washi ningyo, atau sering disebut boneka washi, adalah boneka tradisional Jepang yang terbuat dari kertas washi. Boneka washi sudah menjadi bagian dari tradisi Jepang selama lebih dari tiga abad.

Pada awalnya, boneka washi berbentuk dua dimensi sederhana. Seiring perkembangan, boneka tersebut semakin bercita rasa seni dan memiliki bentuk tiga dimensi. Karakter yang ditampilkan biasanya diambil dari tokoh-tokoh Kabuki dan seni cetak Jepang Ukiyo-e. Seperti halnya aktor Kabuki, boneka washi berwajah putih dan tidak bertekstur. Ukuran boneka bervariasi, antara 10-15 cm.

Kini, keterampilan membuat boneka washi juga semakin diminati di Indonesia, terbukti dengan banyaknya penyelenggaraan workshop di kota-kota besar. Bahkan Washi ningyo sudah jamak dijadikan souvenir dan menjadi penghias ruangan.

Ada beberapa jenis  Boneka Washi  di antaranya:

  1. Washi ningyou: merupakan boneka washi yang berbentuk 3 dimensi dan digunakan sebagai pajangan atau sebagai penghias ruangan.
  2. Shiori: boneka jenis ini merupakan boneka washi berbentuk 2 dimensi yang biasa di pakai untuk pembatas buku.
  3. Ohinasama: merupakan boneka washi yang di buat oleh anak perempuan pada hari anak. dan biasanya banyak juga yang menjadikanya sebagai souvernir.

Berikut ini pola sederhana membuat Washi Ningyou dua dimensi. Berminat mencoba?

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s