Ken Watanabe, aktor Jepang yang diperhitungkan di Hollywood

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 97

jlmc - ken watanabeNamanya sudah tak asing lagi di panggung film dunia. Sebagai aktor asal Jepang kemunculannya di Hollywod cukup diperhitungkan. Nama lengkapnya Kensaku Watanabe atau lebih populer dengan nama Ken Watanabe. Ia lahir di Koide, Niigata, Jepang, 21 Oktober 1959, dari ibu seorang guru dan ayah seniman kaligrafi.

Karir Ken di dunia film dimulai sejak awal 80an. Di antaranya ia sukses membintangi sejumlah serial TV, yang disiarkan di televisi Jepang, seperti MICHINARU HANRAN (1982), MIBU NO KOIUTA (1984), DOKUGANRYU MASAMUNE (1987), GOKENIN ZANKURO- (1995), ODA NOBUNAGA, CHUSHINGURA, dll.

Tahun 2000an menjadi tahun emas buat Ken. Sejumlah film yang dibintanginya sukses, baik secara komersil maupun penilaian para kritikus film. Ken mendapat penilaian yang baik dari perannya di film sukses THE LAST SAMURAI (2003). Lewat perannya sebagai Katsumoto, Ken masuk nominasi Best Supporting Actor (aktor pendukung terbaik) Academy Awards. Dari film yang sama juga masuk nominasi Best Supporting Actor Golden Globe Awards. Dua tahun berikutnya ia sukses memerankan The Chairman dalam film MEMOIRS OF A GEISHA. Pada Ia juga memerankan Ra’s al Ghul dalam film hero, BATMAN BEGINS (2005).

Beberapa film kembali dibintanginya hingga yang terakhir INCEPTION yang rilis 2010. Nah, tahun 2013 ini Ken kembali bermain dalam sebuah film Hollywood. Kali ini ia kembali berkolaborasi dengan Clint Eastwood yang sebelumnya telah sukses dengan LETTER FROM IWO JIMA (2006) dan INCEPTION. Film bertajuk UNFORGIVEN ini sebetulnya bukan film baru. Clint Eastwood menggarapnya pada tahun 1992. Film ini mendapatkan empat penghargaan Oscar sekaligus, termasuk sebagai film terbaik. Jika di film aslinya, UNFORGIVEN kental dengan budaya cowboy, maka remake-nya penuh dengan samurai. Film yang menitikberatkan pada adaptasi budaya ini dibuat sebagai penghargaan untuk Ken Watanabe.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s