Mengenal wilayah Jepang: Honshu

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 98

jlmc - honshu islandHonshū (本州) adalah pulau terbesar Jepang. Pada peringkat dunia, ia pulau terbesar ketujuh. Pulau ini terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku, di seberang Laut Dalam Negeri, timur laut Kyushu, di seberang Selat Shimonoseki. Luas Honshu mencapai 230.500 km² dengan panjang sekitar 1.300 km dan lebar bervariasi antara 50 hingga 230 km. Honshu memiliki banyak gunung berapi dengan puncak tertingginya ada di Gunung Fuji (3.776 m) yang berapi dan masih aktif hingga kini. Sungai terpanjang di Jepang, Shinano, juga ada di pulau ini.

Honshu meliputi 60 persen Jepang. Tempat sekitar 3/4 kota-kota besar dan modern Jepang berada, termasuk 23 distrik khusus Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya, Kobe, Kyoto, Akita, Sendai, Fukushima, Niigata, dan Hiroshima. Pusat budaya juga terletak di Honshu, seperti Kyoto, Nara, dan Kamakura.

Kepadatan penduduk di Pulau Honshu ada di urutan kedua dunia setelah Pulau Jawa (Indonesia). Jumlah penduduk Honshu lebih dari 103 juta jiwa. Sebagian besar bermukim di dataran rendah, di antaranya di Tokyo yang masuk dalam 10 kota terpadat di dunia.

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s