Mengenal Kaisar Akihito

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 100

jlmc - kaisar akihitoAkihito (明仁) adalah kaisar Jepang ke-125. Ia ditahbiskan pada tahun 1989, menggantikan ayahnya, Kaisar Hirohito yang mangkat.

Akihito lahir pada 23 Desember 1933, putra pertama dan anak kelima (dari tujuh bersaudara) Kaisar Showa (Hirohito) dan Maharani Kojun (Nagako). Semasa kanak ia bergelar Tsugo no miya (継宮; Putra Tsugo). Akihito dipisahkan dari orangtuanya sejak usia 3 tahun. Ia dibesarkan dan diajar oleh guru privat. Kemudian belajar di Sekolah Dasar Anak Laki-laki dan Sekolah Menengah Peers’ School (Gakushuin selepas 1947), 1940-52. Selepas Perang Dunia II Akihito belajar Inggris dengan Elizabeth Gray Vining guru wanita asal Amerika Serikat yang tugas utamanya adalah memperkenalkan dan mengajarkan asas-asas demokrasi kepada putra mahkota Jepang. Pangeran ini juga sempat kuliah sebentar di Jurusan Ilmu Politik Universitas Gakushuin di Tokyo.

Walaupun terlahir sebagai putera mahkota Takhta Bunga Seruni, namun perlantikan resmi sebagai Pangeran (Rittaishi no Rei) baru berlangsung pada 10 November 1951 di Istana Kaisar. Delapan tahun kemudian, persisnya 10 April 1959, Akihito menikahi Michiko Shoda, anak perempuan Shoda Hidesaburo, presiden komisaris Industri Tepung Nisshin. Pernikahan ini dianggap menerobos tradisi karena Michiko Shoda tidak berasal dari kalangan bangsawan. Meski demikian roda rumah tangga sekaligus pemerintahan berjalan dengan lancar. Pasangan ini dikaruniai tiga putra: Pangeran Naruhito (putra mahkota), Pangeran Akishino, dan Putri Sayako Nori.

Sejak naik tahta pada 7 Januari 1989, Akihito berusaha untuk mendekatkan keluarga kaisar dengan masyarakat Jepang. Ia mengadakan kunjungan resmi ke 18 negara, termasuk ke 47 prefektur di Jepang. Di luar pekerjaannya, Kaisar Akihito suka menikmati musik klasik dan jazz. Ia juga gemar bermain tenis dan bridge.

sumber: wiki

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s