Sang pemilik brand eksklusif: Kenzo Takada

Mengenal bahasa dan budaya Jepang: POST 103

Namanya melekat pada brand ternama: Kenzo. Gaya rancangannya identik dengan permainan warna alam.

jlmc - kenzoNama lengkapnya Kenzo Takada (高田賢三). Ia lahir di Himeji, Jepang pada 27 Februari 1939. Kenzo meminati dunia fashion pada usia muda, sejak ia suka membaca majalah milik saudara perempuannya. Ia sempat mengecap pendidikan di Kobe City University untuk program studi luar negeri. Namun tidak dituntaskannya dan memilih untuk melanjutkan studi di sekolah mode Bunka Fashion College di Tokyo.

Lulus dari sekolah mode Kenzo menetap di Paris. Dia berusaha untuk mendekatkan diri ke kota yang menjadi kiblat dunia mode tersebut, mengikuti aneka macam fashion show dan menjual sketsa desain. Di kota ini pula ia memulai karya pertamanya. Desain pertama yang ia buat hanya karena ia tak mampu membeli kain baru. Kain-kain ia dapatkan di pasar loak. Ia harus harus mencampur aneka kain untuk menghasilkan sebuah produk pakaian jadi.

Keberhasilan Kenzo dimulai pada tahun 1970. Pada tahun ini Kenzo menyajikan pertunjukan pertamanya di Galeri Vivienne. Saat inilah ia membuka toko pertamanya, “Jungle Jap”. Salah satu modelnya muncul di sampul ELLE. Koleksinya lantas dipresentasikan di New York dan Tokyo pada tahun 1971. Tahun berikutnya, ia memenangkan Fashion Editor Club Jepang.

Satu dekade berikutnya ia meluncurkan koleksi khusus pria. Sedangkan brand parfumnya baru mulai rilis tahun 1988. Sementara itu parfum khusus pria baru diluncurkan 4 tahun kemudian. Tahun 2001 Kenzo merambah ke dunia kosmetik dengan brand KenzoKI. Namun sebetulnya “Kenzo” sendiri telah menjadi bagian dari grup LVMH sejak tahun 1993.

 

Mau mengenal lebih dekat bahasa dan budaya Jepang? Gabung yuk! New_Picture[1]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s